20/12/16

5 Aktivitas Untuk Menambah Semangat Hidup

donor, darah, transfusi, menolong, orang sakit

Orang tua dulu bilang bahwa “Urip Kuwi Mung Numpang Mangan Lan Ngombe” atau orang itu hidup hanya numpang makan dan minum. Benarkah demikian? Ungkapan itu muncul didasari bahwa setiap manusia pada akhirnya akan menemui ajalnya, mati dan mempertanggungjawabkan tindakannya di dunia ini.

Namun filosofi itu tentunya tidak sertamerta menggambarkan bahwa hidup hanya diisi dengan sikap tenang-tenang dan pasrah begitu saja dengan tuntutan hidup yang semakin berat seperti sekarang ini. Manusia harus memperjuangkan hidupnya untuk bisa bertahan dengan melakukan hal-hal yang baik dan berguna bagi orang lain serta berupaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia sebagai makhluk sosial.

Ah, jadi serius banget...he. Yuk kita santai sedikit, kita lihat kegiatan apa saja diluar sana yang bisa menjadi insipirasi kita dalam menjalani kehidupan ini agar lebih semangat. Apakah kamu sudah punya jawabannya? Kalau sudah simpen aja dulu, sekarang waktunya baca jawaban saya... hihi.

5 aktivitas yang bisa kita lakukan untuk menambah semangat hidup itu apa saja? Simak baik-baik ya, ini jawaban dari hasil pengamatan dan perenungan saya selama berminggu-minggu..he, canda... Tepatnya sih setelah saya melihat artikel-artikel teman yang lain tentang semangat hidup.

Melakukan Olah Raga di Pagi Hari.

Pertanyaanya kenapa olah raga di pagi hari? Iya karena pada umumnya orang akan mengawali aktivitas kesehariannya di pagi hari. Jadi kalau kamu mengawalinya dengan berolah raga pagi maka semangat untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan selanjutnya akan lebih terasa.

Setelah semalaman beristirahat, tidur dan memejamkan mata untuk melepas segala kegiatan siang sebelumnya, maka ketika badan ini bangun perlu adanya pemanasan agar otot dan syaraf-syaraf kamu kembali rilex dan siap untuk dipacu guna menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang menguras energi pada siang harinya.

Olah raga ini sebaiknya dilakukan secara rutin agar badan kamu menjadi terbiasa, serta otak dan tubuh kamu selalu siap untuk melakukan rutinitas sehari-hari.

Saya yakin, apabila kamu mengawali hari dengan penuh semangat melalui olah raga, maka badan kamu menjadi sehat dan terjauh dari sakit penyakit dan kehidupan kamu akan berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Melakukan Donor Darah.

Lho kok langsung donor darah, he. Iya kan tadi setelah olah raga rutin di pagi hari yang menjadikan badan menjadi sehat dan bugar, maka peredaran darah kamu semakin lancar dan darah kamu menjadi ikut sehat.

Karena darah kamu sehat, maka lakukanlah donor darah, Kenapa? Karena dengan melakukan donor darah kamu telah menolong orang lain yang mungkin saat ini sedang diujung maut dan tidak tertolong kalau tidak ada bantuan darah dari orang lain.

Dengan bantuan darah, maka ada orang lain yang tertolong nyawanya, sehingga secara tidak langgsung kamu telah memberikan kehidupan bagi orang lain.

Melihat situasi seperti itu tentu saja hidup kamu tidak semata-mata hanya untuk diri sendiri, tapi berguna bagi orang lain sehingga kamu akan lebih mengutamakan kehidupan yang sehat dan lebih semangat lagi untuk memiliki umur panjang agar bisa membantu lebih banyak orang lagi.

Semangat membantu orang lain yang berkesusahan akan memberikan semangat tersendiri dalam diri kamu untuk tetap hidup dan terus menjalani kehidupan ini dengan penuh semangat.

Mengejar Cita-Cita.

Kalau poin ini pasti sudah jelas, karena namanya saja “Mengejar”, maka tindakannya pasti akan diikuti dengan rasa semangat. Tidak mungkin kamu mengejar sesuatu dengan semangat yang loyo dan tidak bergairah, iya kan? karena pasti susah untuk mencapai cita-citamu itu.

Untuk itu buatlah cita-cita setinggi langit selagi langit itu masih ada..hehe. Ini maksudnya adalah agar kamu terus bersemangat dalam menggapai harapanmu itu.

Orang yang tidak memiliki cita-cita ibarat orang berajalan tanpa tujuan, hanya berputar-putar dan akhirnya kehabisan tenaga untuk berjalan menuju seuatu yang tidak tampak dan sia-sia.

Nah, kebetulan sekarang ini kan bulan di penghujung tahun. Segeralah pikirkan resolusi atau harapan di tahun depan, kamu ingin menjadi apa. Tidak mungkin kamu hanya ingin menjadi orang yang sama seperti tahun ini. Pastinya kamu akan menginginkan sesuatu yang lebih baik lagi dibanding tahun ini.

Selain cita-cita yang jelas, buatlah rencana langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk mempermudah menggapai cita-citamu itu. Dengan begitu maka hidup kamu akan menjadi lebih berwarna dan memiliki tantangan tersendiri serta memiliki bara api semangat yang selalu berkobar.

Menabung.

Apa hubungannya dengan menabung? Ada istilah umum “Uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya butuh uang, Uang tidak dibawa mati tapi tanpa uang jadi setengah mati”...he

Jadi pada prinsipnya manusia hidup itu pasti butuh uang meskipun uang bukan segala-galanya. Jika kita memiliki uang yang cukup maka kehidupan kita akan menjadi tenang dan lancar. Ketika kita sakit atau dalam kesusahan kita tidak akan mengalami kebingungan jika memiliki tabungan.

Apalagi kalau tabungan kita semakin bertambah tiap bulannya, tentu saja dengan suka cita kita akan menyambut bulan-bulan berikutnya untuk melihat tabungan kita semakin gendut dan bisa membeli apa yang sedang kita cita-citakan.

Menabung adalah tuntutan wajib untuk kehidupan saat ini, tanpa memiliki tabungan maka kehidupan kita akan semakin berat, karena tuntutan jaman serta gaya hidup yang semakin mahal.

Menolong Orang yang Lemah.

Sikap hidup yang paling bagus untuk memberikan energi positif dalam menjalani kehidupan ini agar lebih bersemangat adalah membantu orang yang lemah. Karena dengan membantu orang lemah maka pribadi kita akan menjadi pribadi yang tidak sombong dan menjalani kehidupan ini sebagai tanggung jawab kita terhadap sang Pencipta yang telah memberikan kemudahan dalam hidup kita.

Ketika melihat orang yang lebih lemah maka kita semakin kuat, dan ketika kita bisa membatu orang yang lemah maka hidup kita akan lebih bersemangat. Itu adalah hukum alam yang telah diwariskan  nenek moyang kita sejak dulu.

Kehidupan kita itu sementara, hanya numpang makan dan minum, tubuh kita pada akhirnya akan kembali ke tanah. Untuk itu energi yang kita miliki sekarang ini memang diciptakan untuk memberikan kekuatan serta semangat baru bagi orang yang lemah. Ketika kita memberikan semangat kita kepada yang lemah, maka semangat kita akan diperbaharui kembali oleh sang Maha Memiliki di Dunia Ini yaitu Tuhan sendiri.

Kolom Komentar >>BukaTutup