24/12/16

5 Kebiasaan yang Tidak Pernah “Hilang” Dalam Perayaan Pesta Tahun baru


Pesta tahun baru adalah acara tahunan yang selalu disambut oleh masyarakat dunia dari usia anak-anak hingga orang dewasa.  Momen ini sudah pasti banyak ditunggu oleh orang banyak karena akan memberikan kenangan tersendiri bagi mereka sebagai momen lepas tahun, meninggalkan kenangan masa lalu dan menyambut tahun baru untuk mewujudkan impian yang baru.

Banyak acara yang disajikan baik melalui pentas panggung maupun acara di televisi dengan suasana yang glamaur dan penuh pesta kegembiraan.

Tahukah Anda? Bahwa dibalik kemeriahan itu, ternyata ada kebiasaan yang tidak pernah hilang dari tahun ke tahun meskipun generasi sudah berganti. Kebiasaan ini sudah menjadi tardisi yang belanjut dari orang tua kita hingga saat ini dan menjadi ciri khas setiap pesta tahun baru.

Apa saja kebiasaan itu? Yuk kita lihat satu per satu.

#Kebiasaan 1: Bergadang Bareng Teman atau Saudara Hingga Pagi.

Tahun baru biasanya diisi dengan acara kumpul bareng sanak saudara atau teman-teman dekat. Momen spesial ini disambut dengan penuh keceriaan dengan bernyanyi, bersendau gurau, bercerita lucu dan sebagainya.

Keceriaan itu terasa berat sekali untuk ditinggalkan begitu saja, mereka dengan setia menghabiskan waktu malam hingga pagi hanya sekedar bercerita dan tertawa bersama. Tutup tahun terasa indah jika dilalui bersama-sama sampai pagi untuk menjadi kenangan indah yang tak terlupakan.

Kebiasaan ini sudah ada sejak orang tua kita yang secara turun temurun terus dilestarikan hingga saat ini. Tradisi yang tidak termakan oleh jaman dan tetap memberikan kesan tersendiri dalam kemeriahan pesta tahun baru.

#Kebiasaan 2: Pawai Kendaraan Sambil Meniupkan Terompet.

Tahun baru terasa tidak berkesan kalau tidak ada bunyi terompet yang mengiringi pergantian tahun. Sebuah kebiasaan yang tak usang dimakan jaman, bahkan saat ini berbagai bentuk dan variasi dari terompet sendiri semakin berkembang.

Kemeriahan tahun baru akan semakin terasa hingar bingar ketika orang membunyikan terompet sambil keliling kota bersama-sama teman, saudara bahkan orang lain yang mereka tidak kenal.

Keheningan malam menjadi berubah dengan suara-suara terompet sebagai tanda bergantinya tahun yang lama menjadi baru dengan penuh sukacita dan kegembiraan sebagai tanda semangat awal menjalani kehidupan di tahun depan.

#Kebiasaan 3: Menyalakan Kembang Api.

Pasangan paling setia selain terompet, kegembiraan tahun baru juga diwarnai dengan keindahan cahaya kembang api yang beraneka ragam. Orang rela membeli kembang api yang mahal untuk memberikan warna tersendiri dalam kenangan hidupnya melepas tahun.

Indahnya percikan api di udara pada malam yang petang mampu membius orang untuk melihatnya dengan decap kagum. Orang melihat sambil bersorak sorai mengucapkan “selamat tahun baru” sebagai tanda tahun telah berganti dan kenangan lama telah terlewati.

Cahaya yang muncul dan hilang kembali sebagai simbul masa lalu yang harus dilewati dan terlupakan sambil berharap muncul cahaya yang baru, cahaya yang lebih berwana dan lebih indah.

Saat ini orang mulai pintar untuk memberikan pertunjukan pesta kembang api dengan berbagai model dan tehnik yang canggih dan dibalut denga nilai seni yang tinggi sehingga mampu menjadi karya yang indah di penghujung tahun. Sebuah karya seni yang indah dan memberikan gambaran bahwa Sang Pencipta telah memberikan akal pikiran yang luar biasa kepada manusia.

#Kebiasaan 4: Mengadakan Konser Jalanan.

Tutup tahun akan semakin semarak dengan hadirnya para artis-artis ternama ke pentas konser jalanan yang di adakan di sudut-sudut kota. Para artis juga tidak mau ketinggalan momen untuk menyambut tahun baru bersama fans setianya.

Pesta kebersamaan ini disuguhkan secara gratis kepada masyarakat sebagai wujud kekompakan dalam menyambut pesta tahun baru. Orang berbondong-bondong untuk menonton konser jalanan dengan berbagai macam hiburan baik itu tarian tradisional hingga lagu-lagu modern masa kini.

Konser jalanan ini dipertontonkan sebagai pesta rakyat untuk memberikan semangat serta keceriaan dalam menghadapi tantangan yang baru di masa depan. Sebuah keceriaan yang memberikan harapan baru untuk menjalani kehidupan lebih baik lagi.

#Kebiasan 5: Mendaki Gunung.

Kebiasaan ini memang tidak dilakukan oleh semua orang. Namun bagi pecinta alam, acara tahun baru menjadi kesempatan berharga. Mereka rela mendaki bersama teman-temannya dengan tujuan untuk menghabiskan tahun bersama dan menatikan hangatnya sinar matahari di tahun yang baru.

Keindahan sun rise di awal tahun menandakan kehidupan yang baru dengan liku-liku kehidupan yang baru. Mereka lebih memaknai akan kebesaran sang Pencipta dalam memberikan kehidupan kepada manusia melalui udara, air, alam dan sinar matahari yang telah diberikan secara gratis kepada seluruh makhluk hidup di dunia ini.

Momen tak terlupakan, penuh kekompakan dan kebersamaan menantang dinginnya malam, keluar dari hiruk pikuk kota dan menyepikan diri sambil merenungkan rencana masa depan di tahun yang baru.

Itu tadi #5. Kebiasaan yang secara turun temurun menjadi tradisi khususnya di Indonesa dalam menyambut pergantian tahun. Tahun baru 2017 sudah dekat, Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk merayakannya bersama saudara atau teman-teman? Yang jelas jangan lewatkan momen ini begitu saja.

Kehidupan akan lebih berwana apabila memiliki kenangan dalam perjalanannya. Dengan memberikan warna dan keceriaan tersendiri dalam acara akhir tahun, Anda telah memiliki warna yang baru dalam hidup Anda. Jadi, Selamat Merayakan Tahun Baru 2017.

Baca juga: 5 Tips Aman Menyambut Tahun Baru 2017.

Kolom Komentar >>BukaTutup