25/12/16

5 Sikap Buruk yang Sering Dibenci Teman


Memiliki sikap buruk dalam berteman tentu saja tidak baik. Anda akan dijauhi atau dibenci teman karena tingkah laku Anda yang kurang bersahabat.

Untuk menjaga hubungan baik terhadap teman-teman Anda, ada beberapa sikap atau sifat yang harus dihindari. Sikap buruk itu akan mejadi kendala dalam hubungan pertemanan Anda, jika Anda tidak segera memperbaikinya.

Memiliki teman banyak tentu saja menyenangkan. Anda bisa berbagi suka dan duka saat menjalani kehidupan sehari-hari. Ketika Anda sedang kesepian, Anda tinggal memanggil teman-teman untuk mengisi keceriaan dengan canda tawa mereka.

Semua itu bisa terjalin dengan baik jika Anda meninggalkan beberapa sikap buruk yang sering di benci teman.

Sikap buruk apa saja yang bisa merusak hubungan Anda dan teman-teman? Ayo kita lihat poin di bawah ini.

Sikap Buruk Pertama: Suka Datang Terlambat.

Apakah Anda sering datang terlambat saat janjian? Ketika ada pertemuan dengan sahabat atau teman, sebaiknya Anda datang tepat waktu. Apabila Anda selalu terlambat ketika janjian dengan teman tanpa memberikan keterangan yang jelas maka teman-teman akan mengatakan Anda "Si Tukang Ngaret".

Cap "ngaret" adalah predikat yang kurang baik. Orang akan malas untuk membuat janji dengan Anda karena kebiasaan itu. Anda akan kehilangan banyak peluang dan teman-teman Anda satu persatu akan meninggalkan Anda.

Teman-teman akan membenci Anda jika hal tersebut tidak Anda rubah. Ketika ada kendala atau acara  penting lainnya, sebaiknya Anda memberikan kabar ke teman-teman agar tidak menunggu Anda.

Dengan disiplin waktu, Anda akan disenangi oleh teman-teman. Sikap positif tersebut akan berdampak baik pada pribadi Anda. Respon baik akan datang dari orang-orang di sekitar Anda untuk menjalin pertemanan.

Sikap Buruk Kedua: Suka Ingkar Janji.

Pernahkah Anda ingkar janji terhadapa teman? Semoga hal itu tidak sering terjadi, agar Anda tidak menjadi “Si Pembohong”. Predikat yang tidak cocok untuk memiliki banyak teman, karena kejujuran menjadi salah satu modal agar Anda diterima oleh teman-teman.

Jika bohong untuk kebaikan mungkin masih bisa ditolelir, tapi jika bohong karena ingkar dari janji yang sudah disampaikan maka teman Anda akan menjauh. Hal yang sering terjadi adalah soal pinjam meminjam barang atau janji memberikan hadian spesial bagi teman Anda.

Dengan tidak berkata jujur dan lebih menutup-nutupi kebohongan dengan ingkar janji maka itu sikap buruk yang tidak disenangi.

Usahkan Anda untuk memberikan keterangan apa adanya, jangan sering untuk beringkar janji. Mengingkari suatu hal adalah sikap yang menyepelekan orang lain,  jika sebelumnya Anda pernah dibantu orang lain, sebaiknya Anda jaga hubungan baik tersebut dengan sikap yang jujur dan tidak ingkar janji.

Jadilah pribadi yang komitmen, jika Anda menyampaikan sesuatu maka usahakan hal itu terwujud sesuai janji. Kepercayaan orang terhadap Anda akan terus bertambah dengan sikap yang sportif dan tidak ingkar janji.

Sikap Buruk Ketiga: Sombong.

Sombong dan suka pamer barang berharga pasti akan membuat teman Anda menjauh, sifat ini tidak elok di budaya timur yang penuh dengan sopan santun. Menyombongkan diri akan membuat sekeliling Anda akan merasa tersinggung termasuk teman Anda.

Teman akan lebih senang melihat orang apa adanya, yang tidak suka untuk mempertontonkan kemewahan diri. Sikap sombong adalah merasa paling hebat sendiri dibanding teman-teman yang lain. Kesombongan akan membuat teman Anda malas untuk diajak ngobrol karena mereka akan tersinggung dengan kata-kata Anda.

Memperbaiki sikap adalah salah satu solusi agar Anda tidak ditinggalkan teman-teman. Sikap sombong menjadi salah satu sikap buruk dalam diri orang. Dengan meninggalkan kesombongan dan menjadi pribadi yang rendah hati akan membawa Anda untuk disapa dan disenangi oleh teman-teman.

Sikap Buruk Keempat: Pelit.

Dalih ingin irit, saking iritnya Anda sampai dicap sebagai orang yang pelit. Pelit dan irit merupakan sesuatu yang berbeda. Pelit adalah sikap tidak peduli kepada orang yang lemah sedangkan Anda berlebihan.

Pertemanan adalah komitmen bersama untuk mengenal dan saling membantu jika teman sedang kesulitan. Untuk itu buang jauh sifat Pelit Anda sebagai sifat negatif yang Anda miliki.

Sikap pelit akan membuat Anda dijauhi teman, terutama ketika kesulitan sedang melanda keuangan Anda. Ketika Anda sendiri jarang membantu, maka ketika masalah datang dan Anda membutuhkan bantuan orang lain, teman-teman akan enggan untuk membantu Anda.

Untuk menjaga keharmonisan persahabatan Anda, mulai buang sifat pelit itu dalam diri Anda. Mulailah bersikap apa adanya, ketika bisa membantu maka tolonglah orang yang susah disekelilingmu. Tetapi jika Anda sendiri dalam kondisi kesulitan, maka Anda bisa membantu dalam bentuk lain.

Sikap Buruk Kelima: Pemarah.

Suka marah dengan teman tentu tidak baik dan menjadikan kamu “Si Monster” yang siap menerkam sahabat Anda sendiri.

Menuntut orang lain untuk menjadi sempurna seperta yang Anda inginkan akan membuat emosi Anda memuncak ketika hal tersebut tidak terwujud. Jika setiap persoalan disikapi dengan rasa amarah, maka secara tidak langsung Anda sedang merusak hubungan baik dengan orang lain.

Buang sikap pemarah dalam diri Anda. Jadikan teman-teman sebagai saudara yang saling membantu dalam susah maupun senang. Banyaklah untuk memberi senyuman dan perhatian kepada teman agar tidak dicap sebagai orang yang memiliki sikap “Si Pemarah”.

Kolom Komentar >>BukaTutup