23/12/16

5 Tips Aman Menyambut Tahun Baru 2017


Penyambutan tahun baru sebagai bentuk sermonial yang dilakukan secara rutin pada akhir tahun di berbagai belahan dunia, sering dirayakan banyak orang dengan keluar rumah untuk sekedar bersenang-senang berasama saudara atau teman-temannya. Tidak sedikit dari mereka mencoba untuk berpergian ke tempat-tempat baru yang belum mereka kunjungi untuk mencari tantangan yang lebih memacu adrenalin.

Jika Anda ingin seperti mereka, menyambut atau memeriahkan tahun baru 2017 ini dengan berpergian ke tempat yang baru dan menantang sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini agar terhindar dari permasalahan yang semestinya tidak perlu terjadi.

Beberapa hal tersebut antara lain:

Melakukan Cek Up Kendaraan.

Kendaraan sebagai alat transportasi baik itu sepeda motor maupun mobil, sebaiknya Anda teliti dulu sebelum berangkat ke tujuan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kendaraan yang mogok karena kondisi mesin yang belum di service. Apabila Anda tidak mampu untuk melakukan cek up sendiri bisa minta bantuan kepada orang yang lebih paham seperti bengkel resmi atau teman yang mengetahui tentang mesin motor atau mobil.

Ganti Oli kendaraan Anda jika memang sudah lama belum diganti, lihat spedometer, rem, lampu, lampu sign, klakson apakah bekerja dengan bagus. Jika ada yang kurang beres sebaiknya segera dibetulkan di bengkel. Cek kondisi ban apakah masih bagus atau sudah “gundul”, jika memang sudah halus maka segera ganti untuk menghindari selip di jalan apabila melalui medan yang berlumpur serta kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat seperti hujan atau banjir.

Pakai Pengaman Kendaraan.

Bagi pengendara motor hendaknya menggunakan helm, jacket serta celana yang lebih aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Hal ini tentu saja menjadi perhatian karena tingkat arus jalan pasti sangat padat dan sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Apabila Anda membawa kendaraan mobil dan ingin melakukan perjalanan ke luar kota dengan jalan yang terjal dan bertebing, sebaiknya membawa perlatan dongkrak, alat derek dan sebagainya agar tidak kebingungan jika terjadi mogok pada mesin kendaraan.

Bawalah kunci pengaman ekstra bagi kendaraan Anda untuk menghindari tindak pencurian, ini juga perlu menjadi perhatian karena mungkin Anda belum tahu betul lokasi yang anda kunjungi dari segi keamanan.

Cari Informasi Tentang Tempat yang Mau Dikunjungi.

Untuk tahun yang baru memang lebih seru kalau mencoba atau mencari tantangan dengan mengunjungi tempat yang baru. Namun sebelum Anda merealisasikan keinginan itu, sebaiknya cari informasi sebaik-baiknya tentang lokasi yang mau dikunjungi.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara googling atau tanya kepada teman yang pernah berkunjung ke tempat tersebut. Hal ini penting untuk menghindari kebingungan baik secara rute perjalanan maupun situasi alam yang bisa terjadi di tempat baru tersebut.

Cari informasi baik dari segi keamanan, serta fasilitas yang ada seperti toilet, tempat parkir, rute jalan, penginapan dan sebagainya agar tidak repot pada hari-H nya. Dengan mengetahui seluk beluk lokasi yang akan dikunjungi maka Anda akan lebih siap untuk mempersiapkan bekal yang dibutuhkan.

Pergilah Berasama Saudara atau Teman.

Untuk menjaga keamanan, lebih baik ajak saudara atau teman jika ingin pergi ke tempat yang baru. Dengan mengajak teman maka ada orang lain yang siap menemani jika dalam perjalanan menemukan kebuntuan atau kehilangan arah jalan serta menghindari dari tindak-tindak kriminal yang tidak diinginkan.

Tempat yang belum pernah dikunjungi tentu saja Anda belum tahu tentang kebiasaan di daerah tersebut, jadi perlu hati-hati dan tidak melakukan hal-hal yang tidak wajar untuk menghindari ketersinggungan dengan pihak lain yang belum Anda kenal.

Dengan adanya teman atau saudara yang menemani, paling tidak menghindari tindak kriminal dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena Anda tidak sendirian dan menjadi sasaran empuk bagi para perampok atau anak-anak nakal lainnya.

Persiapkan Perbekalan dan P3K.

Persiapan perbekalan dan P3K perlu diperhatikan karena tujuan yang akan anda kunjungi adalah tempat yang belum pernah didatangi. Oleh karena itu mungkin perlu disiapkan beberapa perbekalan seperti GPS untuk mempermudah jika tersesat di jalan, alat-alat pendukung lainnya seperti alat dokumentasi untuk mengabadikan momen yang Anda lalui, Alat komunikasi, Makanan ringan untuk mengisi perut jika lapar di jalan, P3K jika Anda atau teman mengalami mabuk atau luka dalam perjalanan.

Perbekalan tersebut akan sangat membantu Anda terutama jika tempat tujuan berada di tempat pedalaman yang jauh dari perkotaan serta minimnya sarana dan prasarana umum seperti warung atau toliet. Itulah pentingnya untuk menguasai informasi tentang lokasi yang mau Anda kunjungi bersama teman atau saudara.
Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyambut tahun baru 2017 ini, agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman selamat sampai tujuan. Selamat menyambut tahun baru 2017!.

Kolom Komentar >>BukaTutup