16/12/16

Wajib Baca!! Bagi Kamu yang Bosan Kerja!

Di jaman sekarang ini persaingan serta peluang kerja terasa mulai sulit. Orang harus betul-betul memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya agar bisa diterima dan menjadi unggulan dalam persaingan bursa kerja. Jika kamu tidak memiliki keahlian khusus maka jangan berharap untuk memperoleh kepercayaan khusus dari perusahaan yang mempekerjakan kamu.

Disamping peluang yang makin sempit, dari pihak perusahaanpun mulai menuntut kinerja yang lebih giat pada karyawannya. Persaingan antar perusahaan sudah mulai terasa berat karena semua berlomba untuk tetap eksis di tengah lesunya perekonomian baik dalam negeri maupun perekonomian global yang sedang mengalami krisis.

Tuntutan pekerjaan yang semakin banyak, beban kerja yang semakin berat ditambah persaingan antar karyawan yang tidak sehat tentu saja berpeluang untuk memicu kebosanan pada diri kamu.

Sebaiknya kamu mulai menyadari dan melihat pada diri kamu, apakah sudah ada gejala-gejala rasa bosan yang menghinggapi pikiranmu? jika ada, maka sebaiknya segera kamu atasi agar tidak memberi dampak buruk pada pekerjaan dan masa depan kamu.

Ada beberapa gejala yang sering dialami oleh orang yang sedang bosan terhadap pekerjaannya yaitu:


Tidak Fokus Lagi Terhadap Pekerjaan yang Harus Diselesaikan.

Apakah kamu sudah mulai tidak fokus pada tangung jawab pekerjaanmu dan justru asyik dengan kesibukan lain seperti main gadget yang berlebihan atau kesibukan lain yang tidak terlalu penting dibanding pekerjaan kamu?

Jika itu sudah ada pada diri kamu saat ini, maka segeralah berbenah karena itu tandanya kamu sudah mulai bosan dengan rutinitas kerjamu. Lakukanlah hal-hal yang bisa mengembalikan semangat kerja kamu dan memunculkan kembali etos kerja yang baik dan bertanggung jawab seperti pertama kali kamu masuk kerja.

Malas-malasan ketika bangun tidur dan harus berangkat kerja.

Sikap ini umum dialami oleh orang yang sedang bosan kerja, ia merasa capek dan ingin sekali melanjutkan tidurnya. Apakah kamu juga demikian? Coba amati diri kamu ketika bangun tidur, jika terasa malas untuk berangkat kerja segera tinjau kembali perilaku serta pikiran kamu. Lihat sisi-sisi negatif yang ada dalam diri kamu yang berhubungan dengan kemalasanmu. Jangan sampai kemalasanmu semakin menjadi-jadi dan susah dikendalikan. Kamu harus bisa melawan diri kamu dari kemalasan itu dan segera bangkit dan memacu semangat lagi dalam bekerja.

Malas sekali melihat ruangan atau meja kantor.

Hati-hati jika hal ini sudah muncul pada diri kamu. Salah satu tempat atau benda yang dibenci oleh orang yang sedang males bekerja adalah ruangan atau meja kantornya. Apakah kamu merasakannya? Jika iya, maka ada sesuatu yang tidak beres dalam motivasi semangat kerja kamu. Lakukan instropeksi diri dan melihat dalam diri kamu apa yang menyebabkan kamu malas dan merasa tidak nyaman di meja kerja kamu.

Apa sih yang menyebabkan kamu bosan kerja?
Pertanyaan ini sangat cocok buat kamu yang lagi merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Beberapa Hal yang Bisa Membuat Orang Bosan Bekerja.

Beban Kerja yang Terlalu Banyak.

Orang bisa merasa bosan terhadap kerjaannya jika ia harus mengerjakan beban kerja yang terlalu berat. Hal utama yang memicu kejenuhan adalah tidak adanya waktu untuk istirahat serta gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja yang harus ia tanggung.

Kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas pekerjaannya memiliki tingkat atau takaran yang berbeda-beda. Kecepatan dan daya tahan seseorang juga berbeda-beda. Namun yang sering terjadi adalah ketika beban kerja yang harus ia lakukan melebih batas kemampuannya, maka ada rasa beban yang begitu berat sehingga terkadang hal tersebut membuat orang stress dan jenuh dengan pekerjaannya.

Atasan yang Galak atau Tidak Mau Berdiskusi.

Faktor lain yang memicu rasa kebosanan adalah memiliki atasan yang galak serta tidak mau menerima pendapat dari bawahannya. Atasan seperti ini bersifat diktaktor dan ingin menangnya sendiri. Jika seseorang mengalami kondisi seperti itu maka kemungkinan besar ada rasa bosan dan ingin menghindar dari tugas-tugas yang diserahkan oleh atasannya.

Orang bisa merasa tertekan jika memiliki atasan yang galak, ditambah lagi tidak adanya bantuan solusi ketika bawahan mengahadapi kesulitan atau kendala. Sebagian orang yang berada dalam situasi seperti ini akan melampiaskan emosinya dengan melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaannya untuk mencari hiburan atau menenangkan pikirannya.

Hubungan Antar Karyawan yang Kurang Harmonis.

Perselisihan atau persaingan antar karyawan yang kurang sehat akan memicu hubungan yang kurang harmonis. Kondisi ini tentu saja akan membuat seseorang merasa enggan atau malas untuk berada dalam kantor.

Mereka akan cenderung untuk saling menghindar dan bisa memicu pertengkaran yang tentu saja akan berdampak buruk pada etos serta semangat kerja karyawan.

Itu tadi beberapa gejala serta penyebab yang bisa membuat kamu malas untuk melakukan aktifitas kerja di kantor kamu. Langkah-langkah prefentif untuk mencegah dampak buruk terhada karir kamu adalah melakukan hal-hal yang positif untuk menghilangkan kebosanan pada diri kamu. Beberapa hal yang bisa dilakukan untukk mengatasi kebosanan dalam kerja adalah:

Melakukan aktifitas sesuai dengan hobi kamu.

Langkah ini dipakai untuk menyeimbangkan pikiran agar tidak terlalu stress memikirkan perkejaan yang bisa berdampak pada kesehatan dan tentunya karir kamu sendiri. Dengan melakukan aktifitas sesuai kesenangan kamu maka diharapkan semangat akan kembali tumbuh dalam diri kamu untuk melakukan rutinitas kerja.

Melihat Pentingnya Pekerjaan Untuk Memenuhi Kebutuhan.

Patut kamu sadari bahwa saat ini banyak sekali orang yang masih kesusahan untuk mendapatkan pekerjaan, untuk itu kamu harus bisa merenungkan hal ini bahwa posisi kamu adalah berada dalam posisi yang menguntungkan karena telah memiliki pekerjaan sehingga kamu wajib untuk menjaga pekerjaan kamu itu.

Melihat Kembali Untuk Siapa Kamu Melakukan Pekerjaan.

Setiap pekerjaan pasti akan mendapatkan hasil, dan kamu harus merenungkan kembali bahwa orang-orang disekeliling kamu entah itu orang tua, istri, anak atau saudara yang menantikan uluran tanganmu dari hasil keringatmu. Jika kamu bisa merenungkan kembali bahwa kamu dibutuhkan oleh orang lain maka kebosanan itu akan terkikis dengan sendirinya.

Pekerjaan adalah salah satu sarana untuk beribadah.

Bekerja bukan hanya bertujuan untuk mencari uang, namun juga merupakan salah satu langkah atau tindakan untuk beribadah. Maka dari itu tetap jaga semangat kamu untuk melakukan pekerjaan itu sebagai wujud syukur kamu kepada Tuhan yang telah memebrikan pekerjaan kepada kamu.

This Is The Oldest Page
Kolom Komentar >>BukaTutup