22/01/17

Cara Mudah Memotong Botol Kaca Dengan Tali Sumbu

Cara Mudah Memotong Botol Kaca Dengan Tali Sumbu. Memiliki ide kreatif untuk menghasilan sesuatu yang bernilai ekonomi memang menjadi dambaan setiap orang. Saat ini banyak sekali hasil-hasil karya anak muda Indonesia yang bisa bersinar hingga ke manca negara khususnya bisnis UMKM yang berbasis daur ulang barang bekas.

Semua itu bisa berjalan dengan baik karena kerjasama yang sinergi antara pelaku usaha UMKM dan dinas terkait. Ide kreatif yang terus berkembang dan didukung oleh jajaran pemerintah untuk mempromosikan karya anak bangsa ke negara-negara tetangga telah berhasil mengankat derajat harkat orang Indonesia.

Apakah kamu ingin mengikuti mereka yang telah sukses dalam dunia kreatifitas atau kerajinan tangan?

Kali ini saya ingin berbagi tips cara memotong botol kaca hanya dengan tali sumbu. Terus apa hubungannya memotong botol dengan ide kreatifitas? Tentu saja ada, dengan keunikan dan ide kreatif maka kita mampu menghasilkan nilai ekonomi dari sebuah botol bekas yang sudah tidak berguna.

Untuk menghasilkan karya-karya yang unik, maka kita perlu memodifikasi botol bekas tersebut menjadi barang unik lainnya agar memiliki nilai jual seperti cup lampu, vas bunga, tempat pensil dan lain sebagainya.

Langkah untuk memotong botol kaca ini cukup mudah dan tidak perlu alat yang mahal, Kalian hanya cukup menyediakan botol kaca yang tidak terlalu tebal, tali sumbu yang bisa terbakar dan bahan bakar atau bensin.

Cara Untuk Memotong Botol Kaca Tersebut Adalah Sebagai Berikut:

Langkah 1.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencelupkan tali sumbu yang mudah menyerap bahan bakar serta mudah terbakar. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mempermudah dalam proses pemotongan botol kaca yang tidak terlalu tebal.

Langkah 2.

Langkah selanjutnya setelah kita mencelupkan tali ke dalam bahan bakar adalah mengikatkan tali tersebut pada posisi botol yang ingin di potong. Ikatkan tali tersebut dengan kuat agar tidak mudah terlepas.

Langkah 3.

Setelah tali diikatkan pada botol, maka langkah selanjutnya adalah membakar tali tersebut hingga semuanya terbakar dengan rata. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar, jauhkan dari jangkauan anak kecil dan sebisa mungkin api tidak tertiup sebelum tali tersebut habis terbakar.

Langkah 4.

Setelah tali habis terbakar dan kondisi botol masih panas, maka secepatnya taruh botol tersebut dibawah kran air. Siram botol tersebut dengan air dingin sambil ujung botol diputar dengan tangan untuk memotong botol tersebut. Langakah tersebut bisa diulangi beberapa kali jika botol belum berahasil dipotong dalam satu kali ujicoba.

Untuk lebih jelasnya dari langkah-lang tersebut di atas, silahkah lihat gambar di bawah ini:


memotong botol kaca; memotong pakai tali;
Sumber: www.pinterest.com


Itu tadi langkah-langkah cara memotong botol dengan tali sumbu. Hasil dari potongan tersebut tentu saja memberikan keunikan tersendiri. Kalian bisa mengembangkan ide kreatif ini untuk menghasilkan gelas unik, cup lampu atau lain sebagainya sehingga bisa menjadi hasil tambahan.

Mengolah barang bekas tentu saja akan memberikan nilai ekonomi yang lebih baik, karena harga barang bakunya relatif lebih murah dan mudah dijangkau. Setelah barang bekas tersebut diolah menjadi barang unik yang menarik tentu saja akan memberikan keuntungan yang besar bagi pelaku usahanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Wajib Baca!!

Bagi Kamu

yang Bosan Kerja!


Maka dari itu jangan lewatkan kesempatan ini, cobalah sekarang juga khususnya bagi kalian yang masih bingung dalam mencari lapangan pekerjaan. Gunakan gagasan ide kreatif kalian untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual. Selamat mencoba!

Kolom Komentar >>BukaTutup