02/01/17

Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Mengembalikan semangat kerja itu penting, apalagi kalau kamu habis liburan panjang seperti akhir tahun kemarin. Pastinya kamu sudah puaskan, mengakhiri tahun 2016 kemarin dengan acara-acara yang menyenangkan?

Liburan Natal dan Akhir Tahun sudah lewat, libur panjang telah berlalu kini saatnya kamu kembali fokus untuk melakukan kerja kamu sehari-hari.

Membangkitkan semangat kerja saat awal masuk kadang memang susah, Orang kebanyakan berat sekali untuk melangkahkan kaki menuju kantor. Mereka masih ingin menikmati liburannya lebih lama lagi, apalagi kalau besoknya harus melalui masa-masa berat di pekerjaannya.

Tapi yang namanya tanggung jawab harus tetap dijalani dengan penuh semangat agar kamu tidak kehilangan pekerjaanmu.

Jaman sekarang ini mencari kerja cukup susah, kalau kamu sudah memiliki pekerjaan tetap, sebaiknya pertahankan itu dan jalani dengan penuh dedi kasih.

Bagi kamu yang sudah harus masuk kerja, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengawali pekerjaanmu setelah beberapa minggu libur.

Apa saja itu? Baca saja poin-poin di bawah ini.

  • Bangun Pagi dan Berangkat Kantor Lebih Awal.
  • Untuk Mengembalikan semangat kerja kamu setelah liburan panjang adalah bangun pagi lebih awal. Hal ini perlu kamu lakukan agar tubuh kamu lebih bugar dan semangat untuk masuk kantor kembali muncul.

    Lakukan olahraga kecil di sekitar rumah kamu, hirup udara pagi yang segar dengan membuat harapan-harapan baru di awal tahun ini. Dengan kondisi badan yang segar dan memiliki harapan baru maka gairah kerja kamu akan kembali pulih.

  • Bersihkan dan Rapikan Meja Kantor Kamu.
  • Setelah melalui liburan panjang, tentu saja kondisi meja kantor kamu berdebu dan kotor. Segera bersihkan dan rapikan kembali agar enak dipandang. Mulai seleksi kertas-kertas yang sudah tidak terpakai sehingga tidak menumpuk semua di meja kantor kamu.

    Jika perlu berikan sentuhan dengan mengatur ulang tata letak meja atau memberi hiasan agar memberikan suasana baru. Jika pengharum ruangan sudah habis, lebih baik segera ganti agar tercipta kesegaran baru setelah ruangan itu kamu tinggal beberapa minggu.

    Jangan lupa juga pasang kalender baru, karena tahun sudah berganti agar kamu tidak salah melihat hari dan tanggal.

  • Menyapa Teman-Teman Kantor.
  • Kebiasaan pada umumnya setiap karyawan yang baru masuk kerja habis libur panjang, mereka akan bercerita pengalamannya saat liburan. Mereka akan menceritakan hal-hal seru apa yang telah mereka alami.

    Namun untuk tetap meningkatkan produktivitas kerja di hari pertama, sebaiknya jangan berlama-lama dalam mengobrol dengan teman. Lakukanlah hal itu sebelum jam masuk kantor atau saat istirahat.

    Tunjukkan kepada atasan bahwa kamu adalah karyawan yang memiliki etos kerja bagus. Tidak membuang banyak waktu untuk sekedar ngobrol dan bercerita sana-sini. Tunjukkanlah kalau kamu memiliki semangat kerja yang baru setelah menjalani liburan panjang.

  • Menyapa Klien Atau Nasabah.
  • Bagi kamu yang bekerja di bidang jasa atau marketing, tentu saja sering berhubungan dengan klien atau nasabah. Di hari pertama kamu masuk kerja, sebaiknya diisi dengan menyapa mereka, berilah kabar bahwa kamu sudah mulai masuk kerja kembali.

    Memberikan kabar itu penting agar nasabah atau klien kamu yang membutuhkan bantuanmu bisa kembali menghubungi kamu dan melanjutkan bisnis kalian.

    Ucapkanlah salam, sambil menanyakan kabar setelah beberapa minggu ditinggalkan, siapa tahu mereka membutuhkan bantuan kamu. Tunjukkanlah kepada nasabah kamu kalau di tahun yang baru ini kamu memiliki harapan yang baru pula.

  • Membuat Skedul Baru.
  • Di tahun yang baru, sebaiknya kamu awali dengan menyusun rencana-rencana penting yang akan dilakukan di tahun ini. Berilah poin-poin penting yang harus tercapai agar pekerjaan kamu memiliki growth atau perkembangan dibanding dengan tahun lalu.

    Membuat rencana akan memberikan semangat baru untuk bekerja lebih giat lagi. Buatlah target yang lebih dari tahun lalu, serta pikirkanlah cara-cara untuk mencapai hal tersebut.

    Buatlah misi-visi kamu di tahun yang baru ini, agar kamu menjadi manusia yang baru dengan arah dan tujuan yang lebih jelas.

Artikel Menarik Lainnya:

Wajib Baca:

Bagi Kamu

yang Bosan Kerja!!


Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan di awal kamu masuk kerja setelah liburan panjang. Kembalikan semangat kamu, kalau bisa melebihi semangat tahun kemarin agar kamu bisa berkembang lebih baik lagi.

Buang kebiasaan-kebiasaan buruk kamu di masa lalu dan mulailah dengan tekad yang baru dan cita-cita baru. Selamat bekerja!

Kolom Komentar >>BukaTutup