03/02/17

5 Sumber Motivasi yang Paling Berpengaruh Dalam Hidup

sumber motivasi; motivasi hidup; pengaruh motivasi dalam hidup;

5 sumber motivasi paling berpengaruh dalam hidup yang akan kita bicarakan kali ini, betul-betul mampu mengubah seseorang dari sesuatu yang awalnya biasa menjadi orang yang maju dan sukses. Perlu kita ketahui bahwa kata sukses tidak harus selalu dihubungkan dengan uang atau jabatan, namun bisa saja sukses memiliki arti menjadi manusia baru dengan kondisi pola hidup dan pola pikir yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Dalam kehidupan manusia kita sering mengalami berbagai cobaan dan rintangan, namun semuanya itu bisa kita lewati dengan baik jika memiliki 5 motivasi ini.

Apa saja 5 hal tersebut? Nanti akan kita bahas satu per satu.

Pemikiran ini saya ambil dari kisah inspiratif:
“Seorang suami yang memiliki istri dan dua orang anak yang masih sekolah serta satu anak balita. Anak pertama duduk di bangku sekolah menengah pertama, anak kedua di bangku sekolah dasar dan yang paling kecil masih umur 2 tahun. Ketika perekonomian keluarga sedang terpuruk maka suami-istri ini berjuang untuk bisa hidup dengan membuka sebuah usaha. Mereka pinjam modal dari saudaranya untuk membuka warung makan sederhana. Dengan penuh perjuangan mereka berupaya untuk tuntas dari hutang yang telah melilitnya, dan kini hasil kerja mereka ternyata tidak sia-sia. Sekarang mereka bisa menjalani kehidupan ini penuh dengan senyum dan cita-cita untuk bisa menjalani hidup ini lebih baik lagi."

Dari kisah inilah saya menarik kesimpulan bahwa orang bisa berubah dan bergerak jauh lebih maju karena 5 hal yang menjadi sumber motivasi yaitu: Kebutuhan, Cita-Cita, Keluarga, Lingkungan Sosial dan Ketuhanan.”

  • Kebutuhan.
  • Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan untuk hidup, minimal makan agar tubuh tetap bertenaga dan bisa melanjutkan kehidupannya kembali. Dari kebutuhan itu orang akan bergerak dan berupaya agar dapat makan setiap hari tanpa berkekurangan.

    Ketika kondisi ekonomi sedang terpuruk karena sakit, akibat PHK atau lain sebagainya, orang akan tetap berupaya untuk bertahan hidup. Mereka akan berupaya sekuat tenaga untuk mengubah nasibnya agar lebih baik dan tidak terpuruk seperti sekarang ini. Di sela ekonomi yang menghimpit orang mampu mengubah dirinya menjadi manusia baru yang sebelumnya tidak pernah mereka sadari, mereka akan keluar dari zona nyaman dan terus berjuang untuk mengembalikan kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan ini.

    Kebutuhan untuk hidup mampu menjadi sumber motivasi hidup yang kuat bagi seseorang untuk mengubah hidupnya jauh lebih baik lagi. Kebutuhan tidak selalu memiliki perspektif negatif, bukan sesuatu yang selalu memberatkan dalam kehidupan seseorang. Namun kebutuhan bisa menjadi sumber positif dalam kehidupan tergantung bagaimana manusia menilai sebuah kebutuhan dalam dirinya.

    Orang tidak bisa selalu menghindar dari kebutuhan, karena kebutuhan akan selalu muncul selagi manusia tersebut masih hidup. Ketika orang menghindar dari kebutuhan, maka ia sedang berada dalam posisi putus asa dan tidak memiliki motivasi hidup.

  • Cita-Cita.
  • Dengan cita-cita orang memiliki mimpi atau harapan baru dalam hidupnya, mereka akan mengisi hari-hari dengan perjuangan dan doa agar cita-citanya bisa tercapai. Tanpa cita-cita maka orang akan berjalan seperti kertas yang terombang-ambing karena tiupan angin. Mereka akan mudah putus asa dan mengeluh karena tidak tahu makna dan tujuan dari hidupnya. Itulah pentingnya cita-cita dalam kehidupan manusia, agar manusia mampu menilai dirinya sejauh mana mereka telah melangkah selama ini

    Motivasi hidup yang tumbuh karena cita-cita akan membawa manusia masuk dalam pertandingan untuk siap menang maupun kalah. Manusia akan berjuang dengan sekuat tenaga agar menang dan mencapai cita-cita tersebut. Sebuah kemenangan atas dirinya sendiri dalam melawan ego dan kemalasan.

    Cita-cita mampu membuat pola pikir manusia lebih mengembang hingga batasan yang tidak bisa ditentukan. Maka dari itu cita-cita tidak salah jika dikatakan sebagai salah satu sumber motivasi yang paling berpengaruh dalam hidup seseorang.

  • Keluarga.
  • Wajah senyum istri, canda ceria anak adalah sumber asupan gizi dalam memupuk rasa semangat. Ketika mereka saling menatap dan bercerita maka kebahagiaan itu akan tumbuh dengan sendirinya. Keharmonisan dalam keluarga menjadi bagian penting dalam memunculkan semangat hidup.

    Motivasi hidup dalam keluarga ikut ambil bagian dalam mengubah seseorang untuk lebih aktif lagi dalam menjalani semua tantangan hidup ini. Tangisan anak ketika meminta buku pelajaran menjadi sayatan hati agar hidup harus berjuang lebih keras lagi.

    Keluarga adalah tempat berbagi inspirasi antara suami dan istri dalam menghadapi setiap cobaan hidup. Maka dari itu keluarga menjadi salah satu sumber motivasi kehidupan yang tidak kalah penting dibanding faktor lainnya.

  • Lingkungan Sosial.
  • Lingkungan sosial sekitar yang jauh lebih terpuruk juga mampu menjadi sumber motivasi dalam hidup untuk bisa membantu lebih banyak lagi orang yang membutuhkan.

    Ketika melihat orang yang sedang susah, maka hati ini akan tergerak untuk menolong. Orang akan berusaha dan berupaya untuk memperoleh hasil yang lebih agar bisa berbagi dengan sesama.

    Motivasi ini tentu saja menjadi salah satu bagian dalam merubah pola hidup dan pola pikir manusia sebagai makhluk sosial. Mereka tidak bisa tinggal diam melihat keterpurukan orang lain. Sebagai makhluk sosial mereka akan berupaya untuk membantu mengentaskan orang lain dari kesenjangan sosial yang ada. Itulah semangat motivasi yang dipicu oleh lingkungan sekitar dalam masayrakat.

  • Ketuhanan.
  • Berketuhanan akan membuat pribadi seseorang lebih menghargai akan kehidupan di dunia ini. Setiap agama mengajarkan untuk selalu mengisi kehidupan ini dengan hal-hal baik termasuk bekerja dan berbuat baik dengan orang lain.

    Ketakwaan terhadap Tuhan salah satunya diwujudkan dengan menjalani kehidupan ini dengan penuh semangat. Manusia harus mampu menjalani setiap rintangan dan cobaan dengan motivasi tinggi yang semuanya itu mereka pasrahkan pada Sang Pencipta.

    Manusia memiliki keyakinan bawah Ia Sang empunya alam semesta ini adalah sumber dari segala sumber kehidupan, maka dari itu dengan keimanan dan kepercayaannya manusia akan tunduk dan bertakwa kepada-Nya. Itulah semangat Ketuhanan yang menjadi dasar manusia untuk menjalani kehidupan ini agar mampu menghadapi setiap perkara yang mereka alami.

Artikel Menarik Lainnya:

Wajib Baca:

Bagi Kamu

yang Bosan Kerja!!


Itu tadi 5 sumber motivasi yang paling berpengaruh dalam kehidupan ini. Dengan berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan serta mengisi hari-hari ini penuh dengan semangat dan kerja keras maka kita akan menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah putus asa.

Kolom Komentar >>BukaTutup