07/02/17

5 Sumber Pemicu Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

5 Sumber Pemicu Pertengkaran Dalam Rumah Tangga. Dalam kehidupan berumah tangga, pertengkaran kecil merupakan hal yang biasa terjadi. Pertengkaran adalah bumbu dalam rumah tangga untuk saling menumbuhkan kedewasaan, untuk saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing pasangan. Ada 5 sumber pemicu pertengkaran yang sering terjadi dalam rumah tangga. Apa saja 5 sumber pertengkaran tersebut? -Cahayalentera.net

pemicu pertengkaran suami istri; pertengkaran rumah tangga;

Pernikahan suami-istri adalah proses mempersatukan dua pribadi dengan sifat dan karakter yang berbeda. Pada awal pernikahan terkadang sifat asli dari masing-masing pasangan belum tampak secara jelas. Namun seiring berjalannya waktu, sifat tersebut akan muncul dan bisa menjadi sumber pertengkaran dalam rumah tangga. Ada 5 sumber pemicu pertengkaran dalam rumah tangga yang sering terjadi yaitu:

5 sumber pemicu pertengkaran yang sering terjadi dalam rumah tangga adalah:

  • Pembagian Tugas yang Tidak Seimbang Dalam Rumah Tangga.
  • Dalam kehidupan sehari-hari setiap pasangan pasti memiliki peranan dan tugas masing-masing agar perjalanan rumah tangga tersebut dapat berjalan dengan baik. Ketika pembagian tugas ini tidak berjalan secara proporsional biasanya akan menjadi sumber permasalahan dalam rumah tangga.

    Pembagian tugas yang sering dilakukan adalah mengurus anak, membersihkan rumah dan mempersiapkan keperluan sehari-hari. Banyak terjadi perselisihan ketika pembagian tugas tersebut berjalan secara timpang, istri merasa lebih banyak beban tanggung jawab atau sebaliknya suami yang merasa beban pekerjaan banyak dilimpahkan kepada dirinya.

    Ketimpangan ini menimbulkan rasa ketidakadilan dalam rumah tangga, padahal semua pribadi merasa memiliki hak yang sama dalam menjalani kehidupan ini. Semua memiliki hak yang sama  untuk memiliki waktu istirahat.

  • Masalah Keuangan.

  • pertengkaran suami istri; sumber pemicu perterngkaran;

    Kondisi finansial yang tidak seimbang antara pengeluaran dan pemasukan bisa menjadi sumber pertengkaran ketika himpitan tersebut semakin berat dan membebani tanggung jawab masing-masing pihak.

    Ketika tidak ada pemahaman yang sama dalam mengelola perekonomian dalam rumah tangga, maka masing-masing pihak akan saling menyalahkan terutama tentang peran dan tanggung jawab.

    Dalam kehidupan keluarga yang modern saat ini, sudah menjadi hal yang lumrah ketika suami maupun istri sama-sama bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun ketika timbul banyak hutang karena salah kelola keuangan maka semua pihak akan mencari pembenaran sendiri-sendiri. Apalagi tagihan hutang tersebut telah mendekati jatuh tempo dan harus segera diselesaikan.

  • Masalah Perhatian Satu Sama Lain.
  • Setiap pasangan hidup pasti membutuhkan rasa saling perhatian satu sama lain. Mereka disatukan atas dasar cinta untuk bisa berbagi perhatian dan kasih guna melengkapi perjalanan hidup ini.

    Ketika perhatian itu mulai luntur karena aktivitas pekerjaan atau rasa egois dari masing-masing pribadi maka pertengkaran akan mulai muncul dalam rumah tangga. Rasa untuk saling mengerti dan memahami akan menjadi hilang karena tidak adanya rasa perhatian dalam pasangan tersebut.

    Sifat asli akan mulai tampak ketika perhatian itu tidak dihadirkan dalam rumah tangga. Semua akan merasa mampu untuk menjalani kehidupan tanpa bantuan orang lain seperti suami atau istri.

    Perhatian sebetulnya dimunculkan untuk menjadi penyejuk dalam kondisi tuntutan hidup yang semakin keras sekarang ini, namun jika perhatian tidak didapatkan maka rasa bosan dan jenuh akan muncul pada perasaan masing-masing pihak yang berujung pertengkaran hebat dalam rumah tangga.

  • Berbohong Terhadap Pasangan.
  • Berbohong adalah satu sikap yang bisa menyakiti perasaan pasangan karena telah mengkhianati ketulusan yang telah diberikan oleh pasangannya. Ada orang beranggapan berbohong demi kebaikan adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah, namun ketika kebohongan itu terungkap kadang reaksi dari pihak yang dibohongi tidak sesuai dengan harapan semula.

    Orang yang dibohongi akan merasa tersakiti dan muncul sebuah pertengkaran karena tidak adanya rasa kepercayaan lagi antara pasangan suami-istri tersebut. Kebohongan bisa saja menjadi sumber masalah baru jika setiap kebohongan kecil selalu ditutupi dengan kebohongan yang lebih besar.

  • Muncul Pihak Ketiga Dalam Rumah Tangga.
  • Munculnya pihak ketiga atau pasangan selingkuh sering menjadi permasalahan berat dalam rumah tangga. Ketika rasa cinta yang telah diberikan dibalas dengan pengkhianatan dengan pasangan selingkung maka pertengkaran mungkin sekali terjadi.

    Pihak yang diselingkuhi merasa tidak rela diduakan dan menjadi barang sampingan. Tututan untuk memberikan cinta yang penuh dalam rumah tangga menjadi muncul dan harus diwujudkan, namun jika hal tersebut tidak terpenuhi maka bisa berujung pada perceraian.


Itu tadi 5 sumber pertengkaran yang sering terjadi dalam mengisi hari-hari sebuah rumah tangga. Sebagai pasangan yang didasari rasa cinta dan ketulusan maka saling memperhatikan dan bisa untuk berbagi tugas merupakan kewajiban yang harus di wujudkan. Ketulusan dan kesetiaan dalam rumah tangga juga menjadi kunci dalam menjaga keharmonisan agar rumah tangga dapat berjalan dengan baik.

Sumber Gambar: www.pixabay.com

Artikel Terkait

Kolom Komentar >>BukaTutup