08/06/17

7 Manfaat Memaafkan Kesalahan Dalam Kehidupan Manusia

memaafkan orang lain; memaafkan suami; memaafkan diri sendiri;

Memaafkan kesalahan diri sendiri, kesalahan orang terdekat seperti suami-istri atau kesalahan orang lain memang kadang mudah diucapkan tetapi susah dilaksanakan apalagi kalau sudah menyangkut harga diri. Orang kadang menyimpan rasa amarahnya sebagai bentuk sakit hatinya kepada orang lain yang telah melukainya.  Orang seolah ingin menunjukkan emosinya bahwa ia telah disakiti dan ingin memberi efek yang sama kepada orang lain yang telah menyakitinya.

Hal tersebut adalah hal yang sangat wajar terjadi dalam diri seseorang karena rasa ego untuk menjaga dirinya tetap dihargai dan tidak dianggap remeh. Namun tanpa disadari bahwa amarah yang tetap tersimpan dalam hati seseorang, akan berpengaruh buruk bagi dirinya sendiri baik secara psikologi maupun kesehatan orang tersebut. Untuk itu diperlukan sebuah sikap yang positif seperti memaafkan agar sikap negatif tadi tidak merugikan diri sendiri.

Berikut ini ada 7 manfaat dari memaafkan orang lain:

7 Manfaat Memaafkan Kesalahan Diri Sendiri Atau Orang Lain.


  • Menghilangkan dendam dalam hati.
  • Memiliki rasa dendam dan kebencian sebetulnya tidak mengenakan, orang akan terganggu secara psikologi dalam dirinya. Jika hal ini dibiarkan maka akan menggangu aktifitas sehari-hari, orang tersebut akan lebih mudah tersinggung dan menilai negatif orang lain karena perasaan dendam yang membayanginya.

    Memaafkan adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa dendam tersebut. Berbaikan dengan orang lain adalah solusi yang terbaik karena beban psikologi itu akan menjadi lebih ringan sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-sehari dengan penuh kebahagiaan dan kelegaan.

  • Meringankan Pikiran.
  • Dengan hilangnya kebencian dalam hati tentu saja akan membuat pikiran lebih tenang. Orang tidak akan lagi terbayangi oleh permasalahan yang tak terselesaikan. Membenci dan marah dengan orang lain akan menguras energi tersendiri dan membuat orang lebih cepat lelah dan stress.

    Memaafkan kesalahan yang dilakukan orang lain akan membuat pikiran lebih ringan dan santai. Ketegangan dalam diri orang tersebut akan berkurang sehingga hidupnya tidak lagi stress dan berbeban berat.

  • Menjaga Kesehatan.
  • Kebencian dan amarah akan mempengaruhi detak jantung dan ketegangan syaraf tertentu dalam tubuh manusia. Jika kebencian tersebut tetap tinggal dalam diri seseorang maka tentu saja akan mempengaruhi kondisi kesehatan orang tersebut. Penyakit akan muncul karena rasa stress dan kebencian, jaringan dalam tubuh tidak bisa bekerja secara normal karena beban pikiran yang sangat berpengaruh terhadap sel-sel dalam tubuh.

    Untuk itu memaafkan adalah tindakan yang tepat untuk mengembalikan tubuh tersebut menjadi lebih rileks sehingga metabolisme dalam tubuh kembali normal.

  • Membangun Harmonisasi.
  • Selain menyangkut permasalahan psikologi dan kesehatan, memaafkan dan berbaikan dengan orang lain yang telah membuat rasa sakit hati sangat berpengaruh terhadap harmonisasi hubungan dengan orang lain.

    Sebagai makhluk sosial yang saling tergantung satu sama lain, hubungan yang harmonis sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup bersama yang bahagia dan rukun. Untuk itu memaafkan orang lain yang berbuat salah akan sangat membantu untuk menjaga harmonisasi tersebut, sehingga tercipta suasana yang damai dan rukun dalam kehidupan masyarakat.

  • Menyadari Sebagai Makhluk yang Tidak Sempurna.
  • Dengan memaafkan kesalahan orang lain, secara tidak langsung juga akan membawa pada pemahaman bahwa manusia adalah makhluk yang tidak sempurna. Banyak kekurangan dan kesalahan yang sering dilakukan baik itu disadari maupun tidak.Dengan memaafkan, maka orang akan saling memahami satu dengan yang lainnya. Orang akan lebih menjaga kerendahan hatinya serta hidup saling menghormati untuk menjaga perasaan dari masing-masing individu.

  • Menyucikan Hati.
  • Manfaat lain dari memaafkan adalah menyucikan hati dari perasaan dan prasangka buruk yang berlebihan akibat dendam yang melekat pada hati seseorang. Dengan memaafkan, orang akan mengurangi dosa-dosa atau kesalahan seperti yang telah diajarkan oleh Yang Maha Kuasa untuk mengasihi sesama dan hidup rukun satu dengan yang lainnya.

    Memaafkan akan membatasi tingkah laku manusia yang melebihi batas akibat kemarahan dalam dirinya. Dengan mengendalikan emosi dan amarah maka kesempurnaan hidup akan lebih mudah tercapai.

  • Bekal Memperoleh Keselamatan.
  • Ketika orang bisa memaafkan kesalahan orang lain dan berdamai maka ada sebuah janji keselamatan yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta. Memaafkan adalah sikap keteladanan yang berujung kepada kedamaian hidup manusia dan hal tersebut adalah harapan-Nya sebagai Pencipta alam semesta ini. Oleh sebab itu berbuat kebaikan dengan memaafkan adalah salah satu sarana untuk menuju keselamatan tersebut.


Itu tadi tujuh manfaat memaafkan kesalahan orang lain, yang bisa dipetik sebagai nilai positif dalam kehidupan manusia. Semoga hal ini menjadi motivasi sebagai orang yang tidak sempurna dan bisa berbuat kesalahan untuk saling memaafkan satu dengan yang lain.
Sumber Gambar: www.pixabay.com

Kolom Komentar >>BukaTutup