06/06/17

Membangun Kembali Semangat di Tengah Kegagalan

Membangun kembali semangat yang pudar akibat kegagalan-kegagalan yang dialami memang butuh perjuangan. Sebuah niat dan tekad harus kembali ditumbuhkan agar apa yang sudah dijalani selama ini tidak berakhir sia-sia dan berujung pada kegagalan yang sesungguhnya.

Kegagalan terkadang membuat orang putus asa dan tidak mau berusaha kembali karena merasa trauma atau merasa tidak mampu terhadap bidang yang ia tekuni. Padahal kalau mau direnungkan secara mendalam bahwa setiap orang sukses pasti mengalami proses jatuh bangun ketika sedang memulai sebuah usaha atau mengejar cita-citanya.

Apa itu kegagalan?

Secara spesifik sebetulnya kegagalan adalah kondisi semu yang berasal dari diri sendiri. Orang yang sudah mengalami kesuksesan dalam dirinya akan menganggap bahwa kegagalan itu tidak ada karena semua proses akan terus berjalan dan harus dilalui hingga tercapai titik keberhasilan tersebut.

Namun jika diterjemahkan secara sederhana sebetulnya kegagalan adalah kondisi dimana seseorang berada dalam posisi terbelenggu oleh alam pikirannya sendiri dan tidak bisa menemukan titik potensi dalam dirinya untuk memecahkan suatu masalah yang sedang ia hadapi. Ketika orang tersebut tidak berani berusaha kembali dan terdiam dalam posisi keterpurukannya maka orang itu sedang mengalami kegagalan.

semangat; sukses; kegagalan; keberhasilan;

Makna Kegagalan?

Bila dilihat dari beberapa pengalaman yang ada, kegagalan sebetulnya memiliki beberapa makna yang tidak selalu berdampak buruk, tetapi jika orang itu bisa menyikapi kegagalan tersebut dengan baik maka sangat mungkin sekali kesuksesan itu akan datang menghampirinya.
Berikut ini beberapa makna kegagalan secara umum yang bisa diambil nilai positifnya dalam menuju sebuah kesuksesan:

  1. Kegagalan adalah Keberhasilan yang Tertunda.
  2. Banyak orang yang mengatakan bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Hal ini betul dan bukan hanya isapan jempol belaka karena sudah banyak orang yang membuktikan dan mengalami bahwa dengan terus berusaha dan tekun menjalani usahanya meskipun kegagalan-kegagalan selalu menemaninya, maka pada suatu titik atau kesempatan tertentu ia akan mampu menemukan jawabannya untuk mengatasi hambatan tadi sehingga keberhasilan menghampirinya.

    Keberhasilan adalah sebuah proses yang harus terus diupayakan dan dijaga sehingga ia akan menetap dalam diri orang yang mengupayakannya. Dengan semangat yang terus membara untuk mengalahkan setiap rintangan yang menghadang tentu saja akan membentuk diri seseorang menjadi pribadi yang siap dan mampu menjaga kesuksesan.

  3. Kegagalan adalah Proses Untuk Mempelajari Hal yang Baru.
  4. Kegagalan demi kegagalan kadang membuat orang putus asa dan berhenti begitu saja. Mereka menilai dirinya tidak cocok atau kurang pas menjalani usaha yang sedang mereka tekuni. Seolah-olah jalan buntu telah menutup semua harapan dan cita-citanya.

    Namun kalau orang tersebut mau menyadari betul ditengah kegagalannya, mereka sebetulnya  sedang menemukan hal-hal baru yang menjadikan diri mereka menjadi lebih kuat dalam menjalani setiap rintangan dan terus melangkah maju menuju kesuksesan yang mereka dambakan. Kegagalan menjadi sarana untuk menemukan hal baru yang mungkin belum pernah mereka temui atau alami sebelumnya, sehingga pengalaman itu menjadi khasanah baru dalam perbendaharaan ilmu yang mereka peroleh.

  5. Membangun Sikap Berani Untuk Berusaha.
  6. Kegagalan bukan merupakan akhir dari segalanya. Tanpa disadari bahwa proses dalam menuju kesuksesan tersebut mampu menumbuhkan keberanian diri untuk mencoba sesuatu yang baru meskipun hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi awal. Keberanian ini adalah modal utama bagi orang-orang yang mau mencoba dan sukses.

    Keberanian dalam mencoba hal baru tidak mudah dan tidak semua orang memilikinya. Banyak orang yang lebih cenderung berada dalam zona aman dan tidak mau mencoba hal baru karena takut gagal dan rugi atau kehilangan harta yang sudah mereka miliki. Padahal belum tentu kesempatan baru yang ada di depan mereka itu selalu menghasilkan kegagalan atau kerugian. Bisa jadi kesempatan baru tersebut akan membawa mereka pada posisi yang lebih baik. Untuk itu keberanian dalam mencoba hal baru adalah modal utama seseorang untuk menggapai sebuah kesuksesan.

  7. Kegagalan Memicu untuk Kembali Memulai Dengan Cara Baru.
  8. Ketika orang mengalami kegagalan mereka berada dalam jalur atau cara yang belum benar, oleh sebab itu bagi orang yang ingin sukses akan menjadikan momen ini sebagai titik awal untuk mencoba cara baru yang mereka anggap lebih benar dari cara sebelumnya. Tekad inilah yang menjadikan orang semakin dekat dengan kesuksesan.

    Mencari dan mencoba cara baru adalah sebuah pengalaman yang berharga dan mahal karena tidak bisa diperoleh dari pendidikan formal. Setiap proses baik itu kegagalan atau peristiwa unik dalam menjalani sebuah usaha adalah ilmu yang hanya bisa didapat dengan mencoba dan menjalani setiap proses langkah dalam usahanya untuk memecahkan teka-teki persoalan yang menjadi penghambat jalan keberhasilannya.

Penyebab Kegagalan?

  1. Malas.
  2. Bila dilihat dari setiap kasus kegagalan yang terjadi, biasanya kegagalan itu terjadi karena rasa malas. Baik itu malas untuk mendengar, membaca, bertanya dan melihat kemampuan diri sendiri, padahal sumber kesuksesan itu bisa berasal dari mana saja.

    Jika seseorang tidak peka melihat lingkungan secara baik maka sumber-sumber kesuksesan itu tidak akan mendekat. Orang akan terkurung dalam keterbatasan dirinya karena tidak ada informasi baru yang bisa memecahkan permasalahanya. Untuk itu sikap malas harus dibuang jauh-jauh dan tetap berusaha sebagai bagian dari usaha mempelajari proses yang sedang mereka jalankan.

  3. Sering Menggerutu dan Protes dengan Keadaan.
  4. Sikap seorang losser atau orang yang gagal biasanya mereka suka menggerutu dan protes dengan keadaan karena tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Mereka berpandangan bahwa alam tidak berpihak kepadanya dan lebih mencari kambing hitam atas kegagalannya.

    Perlu disadari bahwa terkadang orang harus bisa menyelaraskan diri terhadap kondisi atau lingkungan yang ada sehingga ia mampu mengalir bersama-sama proses yang ada menuju titik puncak kesuksesan.

    Proses adalah satu syarat dalam menapaki tangga menuju keberhasilan, jika orang tidak mau menikmati dan melalui proses tersebut bahkan cenderung lebih mudah menggerutu dan mengumpat maka akan sulit untuk lepas dari segala kendala yang ada.

  5. Membesar-besarkan Masalah.
  6. Setiap langkah untuk mencapai keberhasilan pasti akan muncul sebuah masalah untuk pendewasaan diri. Permasalahan itu muncul karena orang tersebut sedang melangkah di dalam situasi baru yang belum pernah dicoba, tentu saja hal ini akan membuat orang bingung dan memaksa orang untuk mencari informasi baru agar masalah yang sedang mereka hadapi dapat segera terselesaikan.

    Jika sikap yang muncul justru cenderung untuk membesar-besarkan masalah yang mereka hadapi maka orang itu akan terperangkap pada situasi yang ia ciptakan sendiri yaitu kebingungan dan keputusasaan. Sikap ini memberikan situasi negatif dalam pikirannya sehingga seseorang tidak mampu mengembangkan dirinya dan melangkah lebih ringan dalam melalui setiap cobaan yang ada.

  7. Menunda Pekerjaan.
  8. Selain sikap malas, kebiasaan menunda-nunda sebuah tugas atau pekerjaan juga merupakan salah satu penyebab kegagalan. Sikap mental mengulur waktu membuat langkah tidak bisa bergerak secara teratur sehingga tahapan-tahapan dalam menjalani proses menuju kesuksesan tersebut akan menjadi terhambat.

    Jika hal ini melibatkan janji atau komitmen dengan orang lain tentu saja akan memunculkan image buruk dan menujukkan citra yang jelek dimata kolegan atau klien. Padahal kepercayaan terhadap sesuatu semua berasal dari keseriusan dalam memegang komitmen itu sendiri.

semangat; berusaha; berpikir; positif;

Solusi Terhadap Kegagalan?

    Membangun kembali cita-cita atau semangat yang telah memudar setelah mengalami kegagalan memang tidak mudah. Terkadang orang butuh tenaga ektra atau motivasi baru untuk bisa kembali bangkit dan melangkah lebih baik lagi.

    Untuk itu, dibawah ini ada beberapa tips untuk menumbuhkan kembali semangat ketika orang menghadapi kegagalan.

  1. Berfikir Positif.
  2. Salah satu cara untuk bangkit kembali menghadapi kegagalan adalah berfikir positif. Setiap kegagalan adalah cobaan yang harus dilalui oleh seorang yang ingin memperoleh kesuksesan. Permasalahan yang muncul bukan menjadi batu sandungan untuk putus asa atau menyerah dengan keadaan, namun melihat hal tersebut sebagai pemacu semangat untuk melakukan atau melangkah dengan cara yang lebih baik.

  3. Menikmati Setiap Proses.
  4. Terkadang kesuksesan tidak selalu dilihat dari sudut pandang hasil atau materi, namun bisa juga semangat keberanian untuk mencoba hal baru dan menjadikannya sebuah pengalaman hidup juga merupakan kesuksesan dalam membentuk karakter seseorang.

    Ketika seseorang tidak berhasil mencapai tujuan secara materi, ilmu yang diperoleh dalam perjalanan karirnya bisa juga menjadi hal positif bagi orang tersebut. Kegagalan bisa juga menjadikan orang lebih matang dan dewasa dalam mengambil keputusan.

  5. Kegagalan Bisa Menimpa Siapa Saja.
  6. Kegagalan tidak hanya milik satu orang saja, namum hampir setiap orang akan pernah mengalami kegagalan baik itu kegagalan dalam pendidikan, pekerjaan, usaha, keluarga dan lain sebagainya. Kegagalan bukan sesuatu yang harus dihindari tetapi sesuatu yang harus dijadikan sebagai pengingat bahwa dibalik semua usaha dan upaya ada sebuah sumber kekuatan yang mengatur kehidupan manusia.

    Kegagalan bisa menimpa siapa saja namun bukan berarti semua orang akan selalu gagal dan rugi dalam setiap usahanya. Dengan kekuatan doa dan usaha maka segala sesuatu yang menghambat langkah orang untuk mencapai kesuksesan akan hilang dan musnah. Oleh sebab itu selalu sertakan setiap langkah dan usaha dengan doa kepada Sang Maha Kuasa.

  7. Kegagalan Tidak Menjadikan Sebuah Peluang Itu Hilang.
  8. Melihat sebuah peluang memang terkadang menggiurkan dan membuat orang tertarik untuk mencoba dan memimpikan sebuah kesuksesan. Namun dengan kegagalan yang dialaminya tidak berarti bahwa peluang itu hilang dalam kehidupannya. Peluang itu tetap ada dan selalu ada beserta doa dan usaha.

    Menatap masa dengan dengan pikiran positif dan optimis menjadikan peluang tersebut tetap ada dalam kehidupan orang yang berjuang mencapai kesuksesan. Jadi melihat hal tersebut maka sebuah peluang menjadi harapan yang selalu ada dan tidak akan pernah hilang selama Yang Maha Kuasa masih memberikan kehidupan pada orang tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Menggali Potensi Diri

Untuk Meraih

Sukses


Itu tadi beberapa hal tetang kegagalan dan kesuksesan yang selalu menyertai setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan. Dengan beberapa langkah antisipasi dan pola pikir yang positif dalam memandang setiap kegagalan maka orang akan mampu kembali membangun semangat di setiap kegagalan yang mereka alami. Membangun semangat kembali merupakan modal yang sangat penting untuk menjaga agar peluang kesuksesan tersebut tetap ada dan berhasil untuk diraihnya.

Semoga tulisan ini mampu membuka kembali semangat yang telah pudar ditengah kegagalan dan mampu membangkitkan kembali semangat untuk terus berusaha dan mencoba dengan cara-cara baru agar impian itu dapat terwujud dan dapat menikmati hasil dari jerih payah yang sudah diusahakan.
Sumber Gambar: www.pixabay.com

Artikel Terkait

Kolom Komentar >>BukaTutup