14/07/17

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sumber Gambar: www.aryanto.id

Belum lama ini saya diberi seorang teman teh daun kelor yang sudah diekstrak untuk diseduh sebagai minuman kesehatan. Berawal dari rasa penasaran mengenai daun kelor maka saya mencoba untuk melakukan browsing di internet tentang manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia. Hasilnyapun cukup mengagetkan karena daun kelor ternyata mengandung banyak gizi dan nutrisi serta kandungan antioksidannya yang berfungsi sebagai pencegah kanker.

Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin mencoba menjelaskan tentang manfaat daun kelor agar kamu juga bisa membacanya dan mempergunakan manfaatnya.

Pohon kelor adalah jenis pohon yang mudah tumbuh dan sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Pohon kelor adalah tumbuhan yang termasuk dalam suku Mongiraceae, pohon ini biasanya dipakai sebagai tumbuhan pembatas tanah, pagar atau juga tumbuh secara liar di lahan yang kososng. Dalam budaya Indonesia di beberapa daerah daun kelor juga dimanfaatkan sebagai sayur untuk konsumsi makanan sehari-hari.

Untuk menjawab rasa penasarn tentang manfaat daun kelor bagi kesehatan maka saya akan menjelaskan dulu tentang kandungan daun kelor. Melalui situs www.daunkelor.com  saya menemukan kandungan gizi serta nutrisi yang terkandung dalam daun kelor yaitu:

Sampel daun kelor 100 gram dengan kandungan kelor yang dikonsumsi (Bdd/Food Edible)=65% maka kandungan yang dapat diteliti adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Lemak daun 1,7 gr
  2. Memiliki Karbohidrat 14,3 gr
  3. Memiliki Protein 6,7 gr
  4. Memiliki Fosfor 70 mg
  5. Memiliki Zat Besi  7 mg
  6. Memiliki Kalsium 440 mg
  7. Memiliki kandungan energi 82 kal
  8. Memiliki Vit B1 0,21 mg
  9. Memiliki Vit C 220 mg
  10. Memiliki Vit A 11300 IU

Beberapa hal yang menarik lainnya adalah bahwa kandungan Vit C pada daun kelor 7 kali lebih besar dibanding jeruk, kandungan Vit A 4 kali lebih besar dibanding wortel, kandungan kalsium 4 kali lebih besar dari susu, kandungan Vit E 3 kali lebih besar dibanding bayam dan kandungan zat besi 3 kali lebih besar dibanding almonds.

Nilai kandungan vitamin yang terkandung dalam daun kelor menurut saya memiliki nilai yang signifikan karena kandungannya yang lebih besar dibanding buah dan sayur lainnya. Hal ini tentu saja membuat daun kelor bisa menjadi sumber nutrisi dan vitamin yang  baik bagi tubuh manusia.

Mengenai manfaat daun kelor bagi tubuh manusia tentu saja tidak diragukan lagi melihat dari kandungan yang ada dalam daun tersebut. Dari beberapa artikel yang saya baca, daun kelor memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia diantaranya:

  1. Obat Diabetes.
  2. Beberapa penelitian mempercayai bahwa daun kelor sangat bagus untuk terapi bagi penderita penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan dalam kandungan daun kelor terdapat zat besi atau nutrisi yang membantu dalam proses pembentukan Insulin secara alami sehingga mampu mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh manusia.

  3. Menjaga Kesehatan Mata.
  4. Seperti kamu ketahui bahwa Vitamin A sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan tidak rabun. Untuk itu daun kelora sangat bagus dalam menyuplai kebutuhan vitamin A bagi mata karena kandungannya yang cukup besar yaitu 7 kali dari vitamin A yang terdapat pada wortel.

  5. Sebagai Anti Oksidan untuk mencegah kanker.
  6. Kamu tentu sudah tau bahwa anti oksidan berfungsi untuk mengurangi efek buruk dari radikal bebas yang dapat merusak susunan sel-sel dalam tubuh manusia. Salah satu kandungan yang terdapat pada daun kelor yaitu vit E sebesar 11300 EU bisa membantu untuk mencegah efek dari radikal bebas dan bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  7. Memperlancar Air Susu Ibu.
  8. Manfaat ini sudah dipercayai dan dirasakan manfaatnya oleh ibu-ibu yang kesulitan memberikan ASI bagi bayinya karena jumlah air susu yang sedikit keluar. Dengan mengkonsumsi daun kelor maka jumlah air susu akan bertambah karena dalam daun kelor mengandung flavonoid untuk memperlancar proses produksi ASI. Selain itu kandungan vit C dan gizi yang lain juga sangat bagus untuk si Ibu dan Bayinya.

Itu tadi berberapa manfaat utama dari daun kelor, tentu saja masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kamu cari melalui internet atau buku-buku literatur. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang mengalami gangguan atau penyakit seperti diabetes atau lain sebagainya.

Kolom Komentar >>BukaTutup