17/08/17

10 Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Mengecilkan Perut yang Buncit.

Mengecilkan perut buncit setelah proses melahirkan biasanya banyak dilakukan para ibu, baik secara alami maupun dengan treatment obat-obat kimia tertentu. Namun tentu saja langkah menyusutkan perut atau menurunkan berat badan sehabis melahirkan dengan cara alami adalah pilihan yang lebih baik dan aman.

perut buncit; mengecilkan perut; setelah melahirkan; pasca melahirkan
Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahrikan

Ketika ada seorang wanita yang sedang hamil, biasanya suami atau saudaraya akan memberikan banyak cinta dan perhatian kepada dia.

Seperti pada umumnya di Indonesia, ketika ada saudaranya yang sedang hamil maka akan muncul perhatian dalam betuk makanan atau kue sehingga mengakibatkan terjadi kenaikan berat badan yang berlebih dari ibu hamil tersebut.

Setelah melahirkan, mereka akan berupaya untuk mengembalikan kebugaran terutama kondisi perut yang mengadung banyak lemak pasca kehamilan. Tentu saja utuk mengembalikan semuanya itu dan menjadi normal seperti semula membutuhkan beberapa waktu.

Menurunkan berat badan beberapa kilo itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, butuh proses dan usaha yang pantang menyerah dari wanita tersebut.

Coba saja kamu bayangkan, untuk memperoleh lemak sebanyak itu butuh waktu sembilan bulan, maka untuk mengembalikan menjadi seperti awalnya pasti juga membutuhkan waktu tidak singkat.

Berilah waktu sekitar 7-8 minggu untuk melihat perubahan awal sebelum melakukan treatment tertentu agar meberi ruang tubuh secara alami mengalami penormalan dan setelah itu baru kamu bisa mengukur berapa berat badan sesungguhnya yang harus kamu kurangi.

Apakah Perut Saya Buncit Setelah Melahirkan?

Apakah kamu berfikir bahwa perut akan kembali normal seperti sebelum mengalami kehamilan? Pasti kamu akan terkejut melihatnya.

Pasca melahirkan biasanya perut wanita akan buncit seperti sedang hamil 6-7 bulan. Bagian perut akan terlihat buncit, berisi dan licin; hampir sama seperti balon dan butuh beberapa waktu untuk mengembalikan itu semua menjadi normal dan ada beberapa orang yang masih kelihatan kantong kehamilannya meskipun sudah berjalan beberapa bulan setelah melahirkan.

Hal tersebut dikarenakan proses perenggangan yang terjadi di area perut dan tentu saja membutuhkan usaha dan tekat yang kuat untuk mengembalikanya menjadi normal kembali.

Setelah melahirkan, hormon-hormon ikut bereaksi termasuk rahim. Ketika bayi sudah berusia 2 bulan, maka rahim akan mulai kembali seperti semula dan proses pemulihan pasca melahirkan mulai terlihat. Pada saat itulah kamu akan mengetahui perubahan berat badan sebenarnya pasca melahirkan.

10 Langkah Alami untuk Mengurangi Perut Buncit Setelah Melahirkan.

Setelah kamu kembali ke rutinitas awal pasca melahirkan dan menyesuaikan jadwal kerja baru. Kamu sudah boleh memperhatikan ke penampilan tubuh kamu terutama perut yang masih kelihatan buncit.

Disini ada beberapa langkah yang bisa membantu kamu untuk mengecilkan perut yang buncit pasca melahirkan:

  • Menyusui.
  • Jangan salah sangka, menyusui bukan hanya sekedar memberikan air susu ibu kepada bayi kamu, tapi hal ini juga bermanfaat untuk tubuh kamu.

    Menyusui merupakan cara yang baik untuk mengecilkan perut kamu yang buncit habis melahirkan, karena dengan memberikan ASI ke bayi akan merangsang kontraksi pada rahim dan sangat membantu sekali dalam proses pengembalian bentuk rahim seperti semula karena rahim akan mulai mengecil.

    Selain itu dengan menyusui, kamu juga akan membakar kalori meskipun sedang beristirahat, hebat kan? Tapi jangan lupa, ketika kamu sudah mulai menyapih bayi kamu dan mengurangi pemberian ASI, maka kamu harus mulai melakukan usaha ekstra untuk membakar kalori dalam rangka mengembalikan perut kamu yang buncit.

  • Memakai Korset
  • Ini adalah cara tradisional tapi sangat efekif untuk membuat otot-otot perut kencang kembali karena sudah terbukti bahwa dengan memakai korset perut akan mengecil dan mendorong rahim kembali ke ukuran semula pasca melahirkan.

    Dengan memakai korset maka hal tersebut juga membantu kamu mengurangi rasa nyeri pada pinggang serta mengembalikan postur tubuh yang mungkin mengalami pergeseran akibat hamil dan melahirkan.

    Bagi kamu yang ingin mencobanya bisa memakai korset di area perut untuk mendorong perut kembali normal. Untuk alat ini bisa kamu beli di pasaran yang banyak di jual di toko-toko baju atau kecantikan.

  • Mengonsumsi Makanan Rendah Kalori.
  • Kamu harus kurangi makanan yang mengandung bayak karbohidrat karena akan menghasilkan gula yang ramah dengan lemak. Sebaikya kamu lebih banyak mengonsumsi makanan sehat seperti produk susu rendah lemak.

  • Mengonsumsi Sayuran Hijau.
  • Mengonsumsi kubis dan sayuran hijau lainnya dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh terutama perut yang buncit pasca melahirkan. Selain itu kubis dan sayuran hijau adalah sumber serat yang baik untuk meningkatkan proses penyerapan nutrisi dalam makanan serta menjaga kesehatan usus.

    Konsumsi sayuran banyak kalori dan mengandung banyak vitamin sangat bagus utuk pembakaran lemak seperti riboflavin, halin thiamin dan asam pantotenat.

    makanan alami; sayuran hijau; rempah-rempah; mengecilkan perut buncit; setelah melahirkan
    Sayuran Hijau Rendah Kalori

  • Pijat.
  • Pijat sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar nutrisi dalam tubuh lebih cepat sehingga mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Pijat ini akan sangat bagus jika dilakukan setelah olahraga atau aktivitas lainnya.

  • Teh Hijau.
  • Mengonsumsi teh hijau adalah pilihan yang baik untuk mengurangi buncit pada perut, karena menurut penelitian teh hijau sangat baik untuk membantu pembakaran lemak. Tapi yang terpenting dari konsumsi teh hijau adalah kandungan antioksidannya yang akan melindungi kamu dari efek radikal bebas.

    Peran lainnya dari teh hijau adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga bagus untuk proses penurunan berat badan. Mengonsumsi teh hijau setelah olahraga akan memberikan efek yang lebih baik dalam proses menurunkan berat badan.

  • Air Hangat.
  • Mengonsumsi satu gelas  air hangat setiap pagi akan membatu kamu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu juga menghangatkan suhu tubuh sehingga memperlancar metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi air hangat setiap kamu merasa haus. Bisa juga minuman hangat ini dikombinasikan dengan lemon di dalamnya untuk membantu pemecahan jaringan adiposa.

  • Mengonsumsi Rempah-Rempah.
  • Memberikan rempah-rempah pada masakan tidak hanya bertujuan untuk memberikan citarasa, namun juga bisa memberikan manfaat dalam mengurangi berat badan serta  perut yang buncit. mengonsumsi rempah-rempah seperti kayu manis, lada, kunyit, akan memperlancar pencernaan serta mengurangi sejumlah lemak dalam tubuh.

  • Kurangi Stress
  • Ketika kamu stress maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol kedalam darah, hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh cepat lelah, mudah tersinggung dan terjadi peningkatan berat badan atau retensi.

    Ketika jumlah kortisol dalam darah mengalami peningkatan maka bisa memicu rasa nafsu untuk mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Usahakan istirahat ketika bayi kamu sedang tidur, dengan memperbanyak istirahat maka akan membantu kamu untuk mengurangi rasa stress dan memperbaiki rasa emosinal kamu.

  • Olah Raga.
  • Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki bisa dilakukan setiap pagi sambil menghirup udara segara. Lakukan gerakan-gerakan khusus yang bisa mengencangkan perut pasca melahirkan agar bisa kembali normal.

    Kamu juga bisa mencoba gerakan pranayama yang cukup bagus untuk mengencangkan otot perut. Pranayama adalah olahraga pengendalian pernafasan untuk mengurangi rasa stress dan mengencangkan otot-otot perut.

    Namun perhatikan cara olah raga kamu agar tidak terlalu berlebihan.

Apakah Saya Boleh Melakukan Diet Untuk Mengurangi Perut yang Buncit Pasca Melahirkan?

Melakukan diet yang ketat tentu saja tidak disarankan bagi ibu yang baru saja melahirkan, apalagi ketika masa menyusui. Namun kamu yang memiliki kenaikan berat badan yang berlebih pasca melahirkan, mengontrol jenis makanan yang kamu makan adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan secara alami.

Tetapi kegiatan olahraga dan gerakan-gerakan pranayama adalah sesuatu yang menjadi langkah awal daripada melakukan diet ketat.

Bahkan untuk mengurangi kalori, kamu harus menunggu minimal 6 minggu untuk mengawalinya. Hindari diet ketat hanya sekedar untuk menurunkan berat badan beberapa kilo namun tubuh kamu mengalami stress dan kelelahan sehingga akan mempengaruhi proses menyusui.

Memakan jenis makanan yang sehat dan mengandung rendah kalori serta melakukan beberapa olah raga ringan merupakan cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Tetapi kamu harus tetap sabar dalam menjalani proses ini. Karena ini adalah proses pembesaran perut akibat mengandung selama 9 bulan, jadi jangan terlalu buru-buru.

Ketika kamu sedang menjalani proses pengecelian perut pasca melahirkan jangan membandingkan diri kamu dengan seorang selebriti karena mereka mempunyai banyak uang serta treatment yang dilakukan untuk mengecilkan perut dengan cepat.

Mereka memiliki pelatih pribadi, ahli diet dan tukang masak khusus tidak seperti orang pada umumnya. Berikan harapan yang lebih nyata pada diri kamu dan jangan terlalu banyak mengkritik diri sendiri.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut yang buncit secara alami setelah melahirkan.

Kolom Komentar >>BukaTutup