11/08/17

3 Faktor Kunci Untuk Meraih Sukses

Faktor Kunci Untuk Meraih Sukses-Halo sobat sekalian, ketika kamu mendengar kata “sukses”, Apa yang kamu rasakan? Biasanya orang akan merasa senang dan bersemangat ketika mendengar kata itu.

Kenapa bisa demikian? Karena ketika kamu mendengar kata sukses, sebetulnya kamu sedang mengatakan pada dirimu sendiri bahwa kamu ingin meraih sukses.

Pertanyaan berikutnya adalah “Apakah kamu bisa meraih sukses?”

Sobat sekalian, sukses adalah hak setiap orang. Tidak ada seorangpun yang boleh melarang kamu untuk meraih sukses. Kamu bisa mencapai sukses yang luar biasa, bahkan menguasai beberapa usaha sekalipun asalkan itu tidak mengganggu atau merugikan kepentingan orang lain.

Pertanyaan berikutnya lagi “Bagaimana kamu bisa meraih sukses?”

3 FAKTOR KUNCI MERAIH SUKSES

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan 3 faktor kunci yang  biasanya mempengaruhi orang untuk meraih sukses.

Kadang kita lupa, bahwa orang lain bisa meraih sukses karena selalu bekerja keras dan mengatasi banyak rintangan yang mereka hadapi. Kita hanya melihat orang lain ketika sudah sukses dan terpana dengan kemewahan yang mereka miliki tetapi tidak mau belajar dari perjalanan berat yang mereka jalani apalagi mempraktekan dalam usaha kita sendiri.

Sobat sekalian, sekarang ini banyak orang mulai berlomba-lomba untuk mencari cara agar dirinya sukses karena dengan kesuksesan itu mereka akan merasakan sebuah kemapanan dalam hidupnya. Orang yang berhasil meraih kesuksesan pasti memiliki kelebihan dibandingkan orang lain. Nilai lebih itulah yang akan menjadi faktor kunci dalam meraih kesuksesan. Apa saja faktor itu:

  • Tekun.

  • Faktor kunci yang pertama adalah “Tekun”. Ini mungkin sering kita dengar atau bahkan sering kita ucapkan dalam hati. Tetapi apakah kita sudah memiliki karakter orang yang tekun?

    Kebanyakan orang sukses yang mengawali bisnisnya dari nol, mereka selalu mengerjakan usahanya dengan tekun. Ciri-ciri orang tekun biasanya tampak dari cara mereka menjalani usahanya.

    Ciri yang pertama adalah mereka menjalani bisnisnya dengan terencana dan bertahap. Banyak orang yang ingin cepat sukses tapi tidak mau menyusun rencana dengan baik bahkan ingin segalanya serba instan dan mudah. Jika kita belajar dari sikap orang sukses yang pertama ini yaitu tekun, kita harus mau menjalani setiap proses dengan bertahap dan terencana, karena dengan bertahap itulah maka fondasi dari bisnis yang kita jalani akan terbentuk secara kuat terutama ketahanan mental dan niat kerja.

    Ciri yang kedua adalah Melihat masalah sebagai sumber ilmu baru. Kalau kita mau belajar dan mengamati orang yang tekun, mereka seolah tidak tampak memiliki masalah dalam hidupnya bahkan raut wajahnya selalu ceria dan bersemangat.

    Kita yakin bahwa setiap usaha pasti memiliki masalah sendiri, tapi kenapa orang tekun sukses selalu kelihatan ceria? Karena mereka mampu mengatur pikirannya dalam melihat sebuah masalah. Mereka melihat bahwa rintangan atau halangan adalah bagian dari proses kesuksesan itu sendiri dan melihat masalah sebagai ilmu yang baru bagi mereka.

    Ciri yang kedua Tidak cepat bosan. Ciri utama yang sangat tampak dari orang yang memiliki karakter tekun adalah tidak cepat bosan. Menjalani rutinitas yang sama setiap hari biasanya cepat memunculkan rasa bosan, apalagi kalau rutinitas tersebut belum membuahkan hasil apapun. Seorang yang memiliki karakter tekun pasti bisa menjalani rutinitas itu dengan senang hati, mereka akan menyelami profesi yang ia jalani dengan penuh semangat meskipun hasil belum ia dapatkan. Apakah kamu memiliki karakter itu?

    3 FAKTOR KUNCI MERAIH SUKSES

  • Sabar.

  • Faktor kunci yang kedua untuk meraih sukses adalah Sabar, kata sederhana yang terkesan “nrimo” atau dalam bahasa Indonesia berarti menerima dengan pasrah. Sifat sabar orang yang sukses berbeda dengan sifat sabar oleh orang yang putus asa. Sifat sabar yang dimiliki oleh orang yang sukses biasanya mencerminkan beberapa sikap.

    Sikap yang pertama Tidak terburu-buru berharap menerima hasil. Sabar dalam arti positif yang dimiliki oleh orang yang sukses adalah menahan diri untuk berfikir tentang hasil akhir, mereka hanya memiliki keyakinan bahwa apa yang sedang mereka kerjakan pasti akan membuahkan hasil asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

    Sikap yang kedua Menerima kritikan pelanggan dengan senang hati. Sifat sabar dalam arti positif yang kedua ini membuat seorang yang sukses selalu tersenyum dan menjalin hubungan yang baik kepada semua pelanggannya. Mereka justru akan merasa senang jika mendapat kritikan atau masukan dari orang lain karena itu sebagai bahan masukan untuk memajukan usahanya.

  • Terus Belajar.

  • Faktor kunci untuk meraih sukses yang ketiga adalah mau terus belajar. Sebuah kata yang sering kita dengar bahkan mudah untuk diucapkan tetapi susah untuk dilakukan. Bagi seorang yang sukses belajar adalah sumber utama kesuksesannya, tanpa belajar mereka tidak memiliki apa-apa dan bahkan merasa paling miskin sedunia.

    Orang yang memiliki jiwa sukses akan merasa takjub atau senang jika menemukan ilmu baru yang belum ia kuasai sebelumnya. Mereka seakan mendapatkan imun baru dalam tubuhnya untuk melakukan kombinasi ilmu baru tersebut dengan keahlian yang telah mereka kuasai.

    Tetapi apakah kamu sudah betul-betul mengamati sikap belajar orang yang sukses?

    Cara pertama Lebih banyak mendengar daripada bercerita. Sikap ini sering tercermin dari orang yang sukses. Beda dengan orang yang bergaya sok sukses, mereka justru banyak bercerita dan terkesan membual dan membuat orang lain justru tidak simpatik kepadanya.

    Sikap mendengar adalah cara orang sukses untuk menyerap ilmu dari sekelilingnya, mereka bisa membaca situasi dan mengambil peluang dari orang-orang di sekelilingnya dengan cermat.

    Cara kedua Menangkap respon orang lain. Cara ini sebetulnya hampir sama dengan menerima kritikan dengan senang hati, tetapi poin yang ingin ditekankan adalah sikap belajarnya bukan sabar dalam menerima kritikan. Dari sebuah kritikan, keluhan maupun saran, orang yang memiliki jiwa sukses mampu mengolahnya menjadi sumber ilmu yang bermanfaat.

    Apakah kamu sudah melakukannya?

    Cara ketiga Mencari instrumen pembantu. Zaman sekarang ini segala informasi dapat diakses dengan mudah, orang tidak susah lagi mendapatkan jawaban dari pertanyaan dalam dirinya. Dalam belajarnya, orang sukses terkadang memiliki cara-cara unik untuk mendapatkan ilmu yang mereka cari. Selain menyerap ilmu dari sekeliling kehidupannya, mereka juga mencari ilmu dari sumber lain seperti buku, literatur, seminar dan lain sebagainya. Instrumen pembantu ini akan menjadi masukan informasi yang bagus untuk mendapatkan ide serta gagasan baru bagi orang sukses.

Artikel Menarik Lainnya:

Menggali Potensi Diri

Untuk Meraih

Sukses


Itu tadi 3 faktor penting untuk meraih sukses yang menjadi kunci utama. Tekun, Sabar dan terus belajar adalah cerminan sikap faktor penentu seseorang untuk meraih sukses. Jika kamu ingin meraih sukses dari bidang yang kamu tekuni sebaiknya memiliki tiga faktor tadi sebagai fondasi awal agar usaha kamu tidak berhenti di tengah jalan. Bukan karena tidak laku tetapi karena kesalahan dalam diri kamu sendiri dalam mengaturnya.

Sumber Gambar: FreeVector.com

Artikel Terkait

Kolom Komentar >>BukaTutup