26/08/17

7 Faktor Penyebab Utama Flek Hitam Di Wajah

flek wajah, flek hitam, penyebab flek, bercak wajah
Penyebab Flek Hitam Di Wajah

Sering kita menjumpai wajah orang yang terdapat bintik hitam atau sering dikenal dengan nama flek hitam pada wajah. Apakah kamu penasaran dan ingin tahu kenapa bisa muncul flek hitam di wajah atau hidung?.

Apa Itu Flek Hitam Di Wajah?

Flek hitam adalah kondisi kulit yang memiliki bercak atau bintik coklat kehitaman akibat terjadi hiperpigmentasi, lentigo surya atau melasma. Dalam kondisi normal, flek hitam akan berwana kecoklatan, struktur halus dan rata dengan kulit. Namun untuk kondisi yang lebih parah, ia akan berwarna kehitaman, struktur kasar dan menonjol seperti tahi lalat.

Ciri-Ciri Flek Hitam Pada Wajah Biasanya Dikelompokan Menjadi 3 Yaitu:

Lentigo Surya – Golongan bercak hitam yang diakibatkan oleh faktor paparan sinar ultraviolet. Biasanya jumlah flek hitam yang dihasilkan akan bertambah seiring dengan pertambahan usia dan intensitas sinar matahari yang mengenai wajah secara langsung.

Melasma – Golongan bercak coklat atau kuning yang bisa tersebar merata ke bagian wajah karena faktor hormonal. Biasanya ibu hamil sangat rentan terhadap melasma ini, karena banyak hormon yang bekerja saat proses kehamilan.

Hiperpigmentasi – Golongan flek hitam yang dakibatkan dari peradangan kulit seperti iritasi atau salah menggunakan make-up. Bercak hitam yang dihasilkan biasanya mengelompok dan melebar.

Penyebab Utama Flek Hitam di Wajah.

Munculnya flek hitam pada wajah disebabkan oleh beberapa faktor utama antara lain:
  • Faktor Genetik atau Keturunan.
  • Salah satu faktor penyebab munculnya bintik hitam pada wajah adalah faktor keturunan. Ketika kita memiliki darah keturunan yang mengalami lentigo-surya, maka ada kemungkinan besar kondisi tersebut akan terwariskan. Biasanya kondisi ini cenderung banyak dialami oleh orang yang memiliki pigmen kulit cerah.

    Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam karena faktor keturunan adalah menjaga kondisi kulit terutama wajah agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain itu memakai krim tabir surya untuk menjaga ketahanan kulit dari sengatan sinar ultra violet.

  • Faktor Kehamilan.
  • Faktor kehamilan terkadang juga bisa memicu flek hitam atau yang sering disebut dengan melasma atau chloasma. Hormon yang dimiliki oleh ibu hamil bisa memicu meningkatnya zat melanin dalam tubuh sehingga muncul bercak hitam pada wajah.

    Biasanya flek hitam tersebut akan berkurang atau hilang setelah melahirkan. Untuk menjaga agar tidak semakin parah, maka ibu hamil di sarankan membawa payung atau memakai topi ketika terpapar langsung sinar matahari. Selain itu bisa juga memakai krim anti sinar ultraviolet.

  • Terpapar Sinar Matahari Langsung.
  • Faktor utama terjadinya flek hitam pada wajah biasanya disebabkan oleh paparan langsung sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari. Paparan langsung ke kulit akan membuat tubuh secara responsif meningkatkan produksi melanin sebagai pertahanan terhadap sengatan ultra violet. Bagi mereka yang memiliki kulit cerah, biasanya mudah sekali untuk terbentuk flek jika terlalu sering terpapar matahari. Oleh sebab itu disarankan agar memakai pelindung agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  • Polusi Udara.
  • Kondisi udara yang kotor dan berdebu juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Udara yang kotor banyak mengandung radikal bebas yang bisa bereaksi dengan kulit sehingga mengakibatkan kerusakan pada sel-sel kulit.

    Reaksi tubuh secara normal biasanya akan meningkatkan produksi melanin untuk menangkal radikal bebas yang menempel pada pori-pori kulit. Peningkatan produksi melanin secara berlebihan akan berakibat munculnya flek hitam pada wajah.

    Cara untuk menghilangkan flek-flek hitam yang diakibatkan oleh polusi udara adalah menkonsumsi bahan-bahan anti-oksidan seperti buah-buahan atau sayur-sayuran.

    Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya:

    10 Cara Alami Memutihkan Wajah


  • Iritasi.
  • Iritasi kulit khususnya pada wajah biasanya terjadi karena proses alergi terhadap zat tertentu atau bakteri yang menempel pada kulit. Ketika orang menggarukan tangannya ke wajah bisa jadi akan mengakibatkan luka dan terjadi peradangan karena bakteri yang tertempel pada kuku jari orang tresebut. Dalam proses penyembuhan, kulit akan lebih banyak memproduksi melanin sebagai zat pewarna kulit. Produksi yang meningkat tentu saja bisa mengakibatkan hiperpigmentasi.

  • Obat-obatan.
  • Ada obat-obatan tertentu yang bisa memberikan efek terhadap munculnya flek hitam pada wajah seperti Chlorpromazine, Difenilhidantoin, Mesantoin. Pil KB juga disinyalir bisa menyebabkan efek bercak-bercak pada wajah.

    Zat-zat yang terkandung dalam obat-obat tersebut akan memicu hormon yang berhubungan dengan sel-sel kulit. Efek samping yang ditimbulkan adalah muncul flek-flek hitam pada wajah.

  • Menggunakan Kosmetik Yang Kurang Tepat.
  • Faktor lainnya yang juga menyebabkan bercak pada kulit wajah adalah penggunakan kosmetik yang tidak tepat. Ada beberapa kulit yang sangat sensitif terhadap zat warna atau parfum yang terdapat pada kosmetik tertentu. Efek samping yang sering timbul biasanya adalah bercak coklat pada wajah.

    Untuk menghindari efek samping dari kosmetik, biasanya orang akan melakukan konsultasi dengan dokter kulit atau mengganti merk kosmetik yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti flek hitam di wajah.

Itu tadi beberapa keterangan yang bisa diberikan mengenai penyebab munculnya flek hitam di wajah. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu untuk mencegah munculnya bercak hitam pada wajah.

Kolom Komentar >>BukaTutup