12/09/17

5 Hal yang Membuat Orang Menunda Sebuah Pernikahan

menunda pernikahan; mengundur pernikahan; membatalkan pernikahan;
© Pixabay.com

Pernikahan adalah sesuatu yang membahagiakan. Saking bahagianya, maka orang akan mengundang saudara, teman, sahabat, tetangga dan orang-orang yang mereka kenal. Momen bahagia ini seakan tidak ingin dilewatkan begitu saja, tanpa kehadiran orang-orang terdekatnya.

Namun dibalik kebahgiaan itu, masih ada orang yang berfikir ulang untuk melangsungkan pernikahan. Beberapa alasan mereka pakai untuk menunda pernikahan sampai hubungan yang sudah terjalin akhirnya putus berantakan.

Berikut ini ada beberapa hal yang sering menjadi alasan orang untuk menunda pernikahannya.

  • Belum Menemukan Pasangan yang Cocok.
  • Orang menunda untuk menikah bisa jadi karena alasan belum menemukan pasangan yang cocok. Meskipun ia sudah memiliki pasangan, hatinya belum mantap untuk maju ke jenjang yang lebih serius yaitu menikah.

    Hal ini karena masih banyak perbedaan karakter atau cara pandang. Selama berpacaran mereka sering mengalami percekcokan karena hal-hal yang sepele, sehingga mengurangi kepercayaan diri untuk mengikat janji setia dalam pernikahan.

  • Masih Berfikir Karir.
  • Ada sebagian orang yang memilih karir daripada melangsungkan pernikahan. Karir adalah tujuan utama yg ingin dicapai karena alasan usia atau kesempatan.

    Hal itu tentu saja membuat pernikahan menjadi tertunda.

  • Belum Memiliki Uang.
  • Alasan utama yang sering menjadi alasan untuk menunda pernikahan adalah biaya. Untuk mengadakan pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari undangan, gedung, makanan hingga dekorasi dan dokumentasi.

    Dengan alasan itu maka pasangan calon suami istri akan menabung terlebih dahulu hingga uangnya cukup untuk mengadakan pesta pernikahan.

  • Belum Mendapat Restu Orang Tua.
  • Restu adalah bagian dari penyebab orang menunda untuk menikah. Meskipun dalam pernikahan tidak mewajibkan restu namun di dalam adat ketimuran, restu menjadi bagian penting dalam kelancaran semuanya terutama setelah proses akad nikah itu sendiri.

    Hubungan antara menantu dan mertua menjadi tidak harmonis jika tidak mendapat restu dari orang tua.

  • Tugas Ke Luar Kota.
  • Mendapat tugas luar kota apalagi sampai berbeda negara kadang juga membuat orang menunda pernikahannya. Demi pekerjaan yang harus di tanggungnya maka orang akan berfikir ulang, apalagi kalau kedua calon masih memiliki pekerjaan yang belum bisa ditinggalkan.

    Pekerjaan menjadi faktor penting dalam membangun sebuah keluarga. Jika pekerjaan itu harus dilepas, maka pasangan calon harus memulai dari awal lagi dalam menitih karir, sehingga pilihan untuk mengundur jadwal pernikahan menjadi solusi yang biasa diambil.

Kolom Komentar >>BukaTutup