11/09/17

7 Bisnis Sampingan yang Paling Digemari Ibu Rumah Tangga

usaha sampingan ibu rumah tangga
© Pixabay.com

Siapa sih yang tidak pingin punya usaha sampingan? Memiliki bisnis sampingan sudah barang tentu sangat mengasyikan. Selain memperoleh pendapatan tentu saja membuat pikiran lebih segar.

Berikut ini ada 7 usaha sampingan yang bisa dijalani terutama ibu-ibu. Bisnis sampingan ini sangat digemari oleh ibu rumah tangga karena selain menghasilkan, bisnis ini juga mudah atau praktis untuk dijalani.

  • Berjualan Kue atau Roti.
  • Saat ini terlihat banyak sekali ibu-ibu yang menjual kue hasil karyanya melalui media sosial. Mereka memajang hasil masakannya dengan tampilan yang menarik hingga mengundang selera pemilik akun sosial lainnya.

    Tentu saja bisnis ini sangat menyenangkan, karena ibu-ibu tidak harus keluar rumah untuk memasarkan produknya. Mereka cukup mengupload gambar dan membalas komentar dari pelanggannya.

  • Menjual Baju Anak.
  • Bisnis yang satu ini juga sangat digemari kaum ibu. Mengingat kebutuhan baju anak yang tidak pernah putus, maka peluang bisnis ini tidak pernah surut.

    Sama halnya seperti bisnis kue, bisnis ini juga dijalankan dengan sistem online. Ada beberapa sistem dalam berjualan baju anak diantaranya melalui sistem dropship atau stok manual.

  • Menjual Bubur.
  • Usaha sampingan ini juga menjadi kegemaran kaum ibu rumah tangga. Cara yang dilakukan cukup unik. Berbekal kendaraan bak terbuka atau bagasi mobil, mereka mulai menjajakan dagangannya ke tempat-tempat umum seperti taman kota atau alun-alun.

    Waktu untuk berjualan sendiri relatif pendek. Mereka biasanya buka pada pagi hari untuk mengambil market para karyawan yg ingin mengantar anaknya ke sekolah atau ke kantor. Sedangkan pada siang hari mereka sudah kembali ke rumah untuk melakukan aktifitas lainnya.

  • Membuka Boutique.
  • Saat ini gaya penampilan sudah menjadi kebutuhan pokok, terutama bagi kaum hawa. Untuk menghadiri acar resmi seperti pesta atau undangan lainnya biasanya ibu-ibu harus menjaga penampilannya dengan busana yang cantik dan up to date.

    Untuk memenuhi kebutuhan tersabut maka membuka usaha boutique adalah solusinya. Sekarang ini banyak kita lihat bermunculan boutique-boutique baru baik di jalan raya maupun di lorong-lorong. Hal itu menunjukkan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan dan layak dijadikan sebagai usaha sampingan.

    Untuk mendukung pemasaran biasanya mereka membuka toko online  atau website agar target market lebih luas hingga ke luar daerah.

  • Membuka Jasa Catering.
  • Ditengah rutinitas yang padat dan harus berangkat ke kantor pagi-pagi, maka banyak keluarga yang menggunakan jasa catering untuk sarapan pagi.  Mereka merasa sangat terbantu dengan layanan ini, karena tidak perlu repot lagi memasak di pagi hari.

    Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, catering juga sangat dibutuhkan untuk acara-acara lainnya seperti arisan, pertemuan keluarg, pesta ulang tahun hingga pesta pernikahan. Bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang besar asal mampu mengbangkan jaringan dengan baik.

  • Menjual Masakan Siap Saji.
  • Konsep usaha ini berbeda dengan bisni kue atau catering. Menjual makanan siap saji biasanya dilakukan dengan membuka kios atau warung.

    Menu yang disajikan cukup beragam untuk memenuhi para karyawan yang tidak sempat masak di siang hari. Waktu buka usaha ini biasanya dari siang sampai sore.

  • Menjual Kerajinan Tangan.
  • Membuat rajutan atau boneka bisa jadi pilihan bagi ibu rumah tangga yang memiliki keahlian khusus. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah dengan bantuan beberapa karyawan.

    Banyak sekali saat ini produk kerajinan yang menembus pasar ekspor. Dengan bantuan pemasaran online akan mempermudah konsumen untuk melihat hasil karya yang dihasilkan.

Artikel Menarik Lainnya:

10 Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga


Itu tadi 7 bisnis sampingan yang paling di gemari ibu-ibu rumah tangga. Bagi Anda yang ingin mencoba silahkan. Sekarang ini banyak sekali tutorial untuk memulai usaha tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kolom Komentar >>BukaTutup