26/09/17

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Secara Alami dan Aman

cara mudah untuk menghilangkan ketombe yang parah pada rambut
Ketombe Rambut

Siapa sih yang tidak sebal jika penampilan harus berkurang ketika muncul ketombe pada rambut? Permasalahan ini tidak hanya dialami oleh kaum perempuan. Laki-laki juga sedih jika melihat rambutnya terdapat banyak ketombe apalagi kalau harus menggunakan kemeja atau kaos warna hitam, pasti semua ketombe akan kelihatan dan sangat mengganggu sekali penampilan.

Menghilangkan ketombe parah bisa dilakukan secara alami atau dengan obat-obat kimia. Namun pada kesempatan kali ini, cahayelentera.net ingin membahas tentang cara menghilangkan ketombe dan bahan-bahan natural yang mudah didapat di sekitar kamu.

Penyebab Ketombe Pada Rambut.

Dikutip dari aladokter.com, ketombe bisa muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
  • Kulit Kepala yang Kering.
  • Salah satu penyebab umum munculnya ketombe pada rambut adalah kulit yang kering. Kondisi ini bisa kamu lihat tidak hanya melalui kulit kepala, tetapi bisa di cek melalui kondisi kulit yang lain seperti tangan atau kaki. Biasanya ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering memiliki jumlah yang sedikit dan bentuknya lebih kecil.

  • Kulit Berminyak atau Dermatis Soborok.
  • Dalam kondisi ini, kulit kepala lebih banyak mengandung minyak dan bentuk ketombe yang dihasilkan tidak seperti pada kasus kulit kering. Ketombe karena kulit berminyak atau dermatis soborok akan berbentuk merah dan serpihan kulit berwarna kuning. Dermatis soborok bisa menyerang beberapa bagian kulit yang lain tidak hanya pada rambut seperti pada alis, bagian samping hidung, dada, selangkang dan ketiak.

  • Eksema atau Eksemis.
  • Ini adalah jenis ketombe yang diakibatkan oleh eksema atau peradangan pada kuli kepala. Biasanya penyakit ini akan menyerang pada anak-anak dan menurut data dari WHO banyak menyerang pada anak-anak di negara berkembang. Namun pada umumnya penyakit ini bisa menyerang semua umur.

  • Psoriasis
  • Ketombe ini muncul karena penumpukan sel kuli mati pada kulit kepala dan berbentuk sisik. Psoriasis terjadi karena ada gangguan pada sistem kekebalan tubuh sehingga memicu tubuh untuk memproduksi sel kulit mati secara berlebihan. Pada kasus umum, penderita psoriasis akan mengalami banyak ketombe pada rambutnya.
Selain 4 penyebab utama tadi, faktor yang mempengaruhi tumbuhnya ketombe adalah kebiasaan yang buruk seperti jarang memakai shampoo serta menggunakan produk-produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala.

Mengatasi Ketombe Parah Dengan Bahan Alami.

Untuk Menghilangkan Ketombe Parah bisa dilakukan secara alami, bagaimana caranya?

Mengatasi ketombe yang parah memang butuh kesabaran, tidak bisa dilakukan secara paksa yang mungkin justru akan berakibat buruk pada kondisi rambut. Semua harus dilakukan secara bertahap dan benar.

  • Menggunakan Baking Soda.
  • Cara ini cukup mudah, kamu tidak perlu susah-susah mencari bahan kesana kemari. Namun cukup pergi ke beberapa supermarket, maka kamu bisa menemukan bahan baking soda. Bahan ini dipercaya bisa berguna untuk menghilangkan ketombe yang parah, selain itu jug untuk menyembuhkan jerawat pada wajah.

    Untuk menggunakan baking soda dalam menyembuhkan ketombe parah pada rambut, kamu cukup memasukan 1 sendok makan baking soda pada 1 gelas air hangat dan taruh pada wadah bekas shampoo. Setelah itu gunakan setiap kali kamu melakukan keramas dan bersihkan dengan air bersih.

    Lakukan langkah ini secara rutin dan secara bertahap ketombe kamu akan hilang dengan sendirinya.

  • Menggunakan Cuka Apel.
  • Cuka apel juga dipercaya bisa menghilangkan ketombe rambut yang parah. Namun perlu diperhatikan bahwa cuka apel mengandung banyak asam jadi usahakan jangan sampai kena mata atau luka yang masih baru, karena akan berakibat pada munculnya rasa pedis.

    Cuka apel berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit kepala yang tertumpuk oleh sebab-sebab di atas tadi. Untuk menggunakan bahan ini cukup sederhana, kamu tinggal campur 1 gelas cuka air apel dan 1 gelas air hangat dan kemudian diaduk dan oleskan pada rambut. Diamkan beberapa saat hingga mengering (8-12 jam) setelah itu bilas pakai shampoo, lakukan hal ini seminggu sekali dan ketombe kamu akan berkurang secara bertahap.

  • Menggunakan Buah Lemon.
  • Cara mengatasi ketombe yang lain adalah dengan menggunakan buah lemon. Buah yang enak di minum ini, selain untuk konsumsi minuman juga bisa dipakai sebagai obat alami salah satunya untuk menghilangkan ketombe parah pada rambut. Caranya tuangkan 2 sendok makan ari lemon pada rambut, pijat-pijat hingga merata pada kulit. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan perasan lemon/juice lemon yang sudah dicampur dengan 1 gelas air dan sebarkan merata pada kulit kepala. Bersihkan dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka lakukan langkah-langkah ini secara berkala.

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Alami Memutihkan Wajah


Itu tadi beberapa cara alami untuk mengatasi ketombe. Menghilangkan ketombe pada rambut memang memerlukan kesabaran, lakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kolom Komentar >>BukaTutup