09/12/17

4 Langkah Supaya Anak Cepat Berbicara Bahasa Inggris

langkah supaya anak cepat berbicara bahasa inggris


Sekarang ini kita ketahui bahwa perkembangan zaman semakin maju seolah tidak memiliki batasan jarak lagi, oleh sebab itu kemampuan anak untuk mampu berbicara bahasa Inggris sangat penting sekali. Orang tua harus mulai memikirkan bagaimana seorang anak dengan cepat mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Kita berharap bahwa jika anak mampu berbicara dalam bahasa Inggris sejak kecil, maka anak tersebut akan mampu untuk berkompetisi dalam sekala global. Kedepan dunia akan semakin terbuka dan tanpa batas, sehingga kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan orang yang berasal dari benua atau negara lain sangat penting sekali.

Untuk itu, berikut ini ada empat langkah yang bisa membantu supaya anak lebih cepat dalam berbicara bahasa inggris.

  • Olah Kepandaian Oral Language

Oral language sangat bagus untuk mempercepat anak dalam berbicara bahasa Inggris. Sistem ini sangat penting karena berfungsi sebagai pondasi awal dalam mengembangkan kepandaian membaca dan menulis secara efektif. Oral language adalah proses pembelajaran yang memiliki tujuan guna meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara bahasa Inggris, dimana anak dituntut berbicara agar mengekspresikan pemikirannya.

  • Asah Kepandaian Menulis dan Membaca

Kita dapat memberikan anak-anak buku bacaan berbahasa Inggris. Disamping itu kita juga mengajari anak agar menulis kembali dari cerita yang baru saja mereka baca. Hal ini sangat penting untuk menambah kosakata.

  • Berucap dan Mendengar

Dalam proses belajar bahasa Inggris, seorang anak harus mengucapkan dan melafalkan beberapa kalimat dengan benar dan baik. Cara ini bertujuan agar anak tidak hanya mampu untuk menulis kata-kata namun juga mengerti bagaimana menlafalkannya.
Selain melafalkan, penting juga untuk melatih kemampuan anak dalam mendengar. Sehingga anak akan terbiasa dengan pengucapan bahasa Inggris dari orang lain, untuk kemudian memberikan respon melalu sebuah percakapan.

Baik itu berbicara, mendengarkan, membaca atau menulis, bagusnya dilatih melalui kegiatan sehari-hari. Bisa juga dengan cara mengajak anak untuk menonton film bahasa Inggris tanpa ada subtitel atau teks alih bahasa. Ada juga cara lain yaitu mendengarkan lagu-lagu dengan bahasa Inggris.

  • Memasukan Anak Dalam Bimbingan Belajar

Kalau orang tua tidak memiliki waktu untuk mengajari anak berbicara bahasa Inggris, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memasukan anak ke bimbingan belajar bahasa Inggris. Namun sebelum memasukan anak ke bimbingan belajar, orang tua sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu tetang bimbingan belajar yang baik agar mendukung anak dalam proses belajar nantinya.

Ada bagusnya kalau orang tua mendatangi tempat bimbingan tersebut terlebih dahulu serta mempertanyakan tentang metode dan sistem pengajarannya, apakah masih melakukan cara konvensional atau sudah mengikut perkembangan sistem kurikulum pembelajaran. Selain itu juga perlu mengamati sistem belajaranya apakah anak nantinya akan berperan aktif secara menyeluruh atau justru anak lebih banyak mendapat teori dan terkesan pasif.

Dalam belajar bahasa Inggris, hal yang tidak kalah pentingnya adalah anak didik harus memiliki kesempatan untuk melakukan eksplorasi dan bersifat interaktif. Sehingga anak tidak melulu terpaku dan belajar seperti membaca buku saja.


Apabila orang tua sudah menemukan tempat belajar yang bagus, maka hal yang perlu dilakukan orang tua adalah memberikan dukungan ketika berada di rumah. Orang tua harus berperan aktif memberikan kesempatan kepada anak untuk mengulang pelajaran yang ia peroleh dari bimbingan belajar tersebut sehingga anak lebih mantap dan fasih dalam mengembangkan kemampuannya untuk berbicara bahasa inggris.

Itu tadi 4 hal yang bisa membantu seorang anak agar cepat dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat bagi orang tua dan teman-teman semua.
Kolom Komentar >>BukaTutup