23/06/18

Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Anak Sejak Dini

membangun jiwa kepemimpinan anak

Memiliki anak yang lucu dan pintar tentu saja membuat hati setiap orang tua akan bangga apalagi jika si anak sudah bisa mandiri dan memiliki prestasi yang baik. Namun selain pintar dan lucu tentu saja sebagai orang tua hendaknya mampu mendidik anak untuk membangun jiwa kepemimpinan.

Kenapa kepemimpinan itu penting, karena akan berhubungan dengan masa depan si anak dalam menjalani hidupnya kelak. Ada beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan oleh orang tua untuk menciptakan jiwa kepmimpinan tersebut dengan anak.

Membangun Kemandirian Sebagai Awal Sifat Kepemimpinan.

Seorang pemimpin hendaknya memiliki sifat mandiri, karena ia akan menentukan beberapa hal yang sangat penting dalam hidupnya baik untuk dirinya maupun orang disekitarnya. Untuk itu menanamkan kemandirian sangat penting agar anak mampu mengambil sikap atas kasus-kasus tertentu dalam hidupnya kelak.

Membangun Rasa Tanggung Jawab

Sebagai seorang pemimpin, maka orang harus mampu bertanggung jawab atas keputusan yang telah dia ambil. Oleh sebab itu tanamkanlah sikap kesatria untuk bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang telah diambil, hal tersebut memang seharusnya ditanamkan pada diri anak sejak dini.

Membangun Sifat Kejujuran Sebagai Calon Seorang Pemimpin.

Kejujuran sangat penting untuk di miliki oleh seorang pemimpin, karena tanpa kejujuran maka tidak ada kepercayaan lagi dari orang lain. Kejujuran harus ditanamkan sejak dini agar anak betul-betul terbentuk dan memiliki sifat jujur tersebut kedepannya. Peran orang tua sangat diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Itu tadi tiga hal yang perlu ditanamkan pada diri anak sejak dini untuk membentuk pribadi pemimpin dalam hidupnya. Kata pemimpin tidak harus sebagai pejabat pemerintahan saja, namun pemimpin disini mencakup segala aspek dalam kehidupan anak tersebut kelak termasuk mengatur dirinya sendiri dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Menciptakan jiwa pemimpin yang jujur, bertanggunjawab, serta mandiri akan berdampak luas bagi kehidapan bangsa ini kedepannya agar  terwujud kemakmuran serta keadilan yang baik bagi banyak orang. Generasi yang lebih mampum mengerti serta menghargai orang lain sangat dibutuhkan dan hal itu harus dibangun dari sekarang sebagai generasi penerus.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Selamat datang di blog "Cahaya Lentera", Jangan Lupa Menulis Komentar ya.
EmoticonEmoticon