16 Desember 2018

7 Cara Memilih Kosmetik yang Baik dan Aman

cara memilih kosmetik yang baik

Cara memilih kosmetik yang baik dan aman, bagi wanita memakai kosmetik merupakan suatu keharusan. Karena dengan kosmetik akan menambah kepercayaan diri bagi wanita. Sekarang ini produk-produk kosmetik mulai banyak macam maupun jenisnya. Manfaat dari setiap produk juga bervariasi. Saking banyaknya produk yang beredar itu marakat kadang-kadang tidak bisa membedakan mana kosmetik yang aman dan tidak aman. Oleh karena itu berikut tips untuk memastikan bahwa kosmetik yang kamu pakai aman.

#1. Kemasan baik dan umum seperti dalam promosi.
Pertama lihatlah kemasannya. Apakah kemasan dalam kondisi baik? Tidak ada cacat bagian luarnya? Tempelan gambarnya mencurigakan atau tidak? Bandingkan dengan kemasan produk pada umumnya atau produk yang ada dalam iklan/promosi. Gambar kemasan ini dapat dilihat pada website produk tersebut atau leaflet produk. Jika terdapat perbedaan sebaiknya kamu curiga dengan produk tersebut.

#2. Informasi komposisi, cara pemakaian dan penggunaan  jelas berbahasa Indonesia.
Dalam kemasan produk dapat dilihat informasi mengenai cara penggunaan, komposisi/ kandungan produk. Bacalah cara penggunaaan apakah dapat dipahami? Tidak menimbulkan kesalahan persepsi bagi pembaca? Lebih baik pilih produk yang jelas cara penggunaannya dan dengan pilihan bahasa yang familiar.

Komposisi produk menggambarkan kandungan dalam produk tersebut, produsen yang baik akan terbuka menuliskan bahan apa saja yang dipakai untuk membuat produk tersebut, sehingga konsumen akan meraasa aman untuk menggunakannya.

#3. Tidak memberikan klaim yang berlebihan.
Cermati khasiat atau klaim yang ditulis pada kemasan. Apakah memberikan janji yang berlebihan misalnya dapat memutihkan kulit dalam sekejap atau menumbuhkan rambut secara cepat? Hati-hati jika suatu produk memberikan janji yang terlalu berlebihan, karena produk kosmetik yang aman tidak akan memberikan efek yang kilat langsung didapatkan.

#4. Ada registrasi BPOM.
Registrasi BPOM biasanya ada di kemasan produk untuk kosmetik registrasi diawali BPOM  N.. nomer registrasi. Untuk memastikan kode registrasi benar atau tidak sebaiknya kamu gunakan aplikasi cek BPOM yang dapat kamu unduh di playstore google. Dalam aplikasi ini kamu tinggal masukkan nomer registrasi yang tertera di kemasan dan tekan tombol cari. Maka ketemu deh, nama produk, produsen maupun kemasan yang didaftarkan ke BPOM.

#5. Ada informasi tanggal kadaluarsa.
Tanggal kadaluarsa merupakan jaminan perusahaan terhadap produk yang diedarkan sampai tanggal tersebut masih aman digunakan. Oleh karena itu produk yang baik pasti mencantumkan tanggal kadaluarsa.

#6. Isi kemasan normal, tidak berbau tajam, tidak rusak/terpisah.
Setelah melihat kemasannya  untuk memastikan produk kosmetik yang baik, lihatlah isinya. Jika isinya tidak normal misalnya bentuk krim namun sudah terpisah, baunya tajam maka produk tersebut harus dicurigai.

#7. Tidak menyebabkan iriitasi.
Kulit setiap orang berbeda-beda tingkat sensitifitasnya, maka pada saat pemakaian pertama liahatlah reaksi kulit.cobalah produk kosmetika pada area tersembunyi misalnya di belakang telinga. Apakah terjadi iritasi? Iritasi ditandai dengan kulit berbintik kemerahan. Jika terjadi iritasi sebaiknya pemakaian produk dihentikan untuk mencegah terjadinya hal yang lebih buruk lagi.

Demikian tadi 7 cara memilih produk kosmetika yang baik dan aman. Semoga bermanfaat
Kolom Komentar >>BukaTutup