17 Desember 2018

6 Tanda-Tanda Tubuh yang Tidak Boleh Diabaikan

gejala dalam tubuh yang tidak boleh diabaikan

Tanda-tanda tubuh yang tidak boleh diabaikan, bagi kebanyakan orang pergi ke dokter adalah suatu ketakutan tersendiri. Dan beberapa orang tidak mempunyai alasan kuat kapan memutuskan pergi ke dokter. Kecuali jika kita mengalami sakit yang luar biasa dan tidak tertahankan, barulah kita akan segera pergi ke dokter atau ke ruang gawat darurat.

Sebenarnya tubuh mempunyai reaksi khusus yang tidak boleh diabaikan, karena beberapa gejala itu terlihat sepele tapi serius. Ketika tanda–tanda ini diabaikan dan kita memutuskan untuk menunda pengobatan kemungkinan besar kondisi tubuh akan semakin memburuk. Berikut 6 tanda–tanda yang tidak boleh diabaikan :

  • Berat badan turun drastis
  • Ketika berat badan turun secara drastis sekitar 10 – 15 kg tanpa kita melakukan diet apapun maka kita harus waspada. Secara umum berat badan akan bertambah seiring bertambah usia seseorang. Oleh karenanya jika makin tua usianya dan berat badan makin turun drastis ini suatu pertanda adanya masalah serius pada tubuh. Penyebab turunnya berat badan bisa disebabkan oleh adanya kanker, penyakit tiroid, penyakit celiac, infeksi HIV atau Hepatitis C atau gejala penyakit lainnya.

  • Perubahan warna tahi lalat
  • Biasakan untuk memeriksa kulit di seluruh tubuh serta memperhatikan ada perubahan atau tidak. Jangan diabaikan jika ada tahi lalat  yang berubah warna, atau berubah ukuran. Karena ini bisa saja merupakan peringatan dini adanya kanker kulit. Pada umumnya kanker kulit tidak bisa dideteksi sebelum  menimbulkan masalah.

  • Tidur berlebihan
  • Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia apalagi setelah melakukan pekerjaan berat. Namun jika kamu tidak melakukan pekerjaan berat dan tidur terus sepanjang hari melebihi 9 jam kamu harus waspada. Tanda depresi atau peradangan kronis mungkin sedang mengintai kamu.

  • Batuk terus menerus
  • Batuk merupakan sesuatu yang sangat menjengkelkan, apalagi jika berlangsung lama. Batuk yang lama lebih dari 2 bulan merupakan sinyal bahwa tubuh benar-benar mengalami masalah. Mungkin asma atau refluks asam. Saatnya pergi ke dokter untuk memastikan diagnosanya.

  • Nyeri perut di kuadran kanan bawah
  • Nyeri perut terkadang kita anggap sebagai hal biasa atas reaksi terhadap makanan. Namun perlu diwaspadai jika nyeri perut tereus menerus bahkan makin menguat. Terutama sakit di bagian kanan bawah perut, karena ini merupakan indikasi adanya radang di usus buntu. Jika dibiarkan bisa saja usus buntu pecah dan memungkinkan terjadi  infeksi meluas sehingga perlu dioperasi segera.

  • Nyeri kronis
  • Semakin bertambah usia seseorang terkadang makin banyak keluhan yang dirasakan baik nyeri sendi, atau nyeri badan. Namun perlu diwaspadai jika merasakan nyeri terus-menerus selama lebih dari 12 minggu. Untuk memastikan penyebab rasa sakit yang terus menerus ini kamu harus ke dokter ada banyak metode penyembuhan untuk mengatasi rasa sakit, jangan biarkan kamu menderita sepanjang hari.

Tubuh merupakan komunikator yang hebat, oleh karena itu jangan biarkan jika tubuh memberi sinyal salah. Segera perhatikan dan cari tahu penyebab utamanya. Pergi ke dokter dan berkonsultasi adalah langkah terbaik sebelum penyakit bertambah parah dan susah untuk diobati.
Kolom Komentar >>BukaTutup